Dibalik Canggihnya AI

Oleh: Nisrina Azizah Putri, siswi SMAN 15 Bekasi

DEPOKPOSArtificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pengembangan sistem yang dapat melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecerdasan manusia.

Bacaan Lainnya

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin populer di berbagai bidang kehidupan manusia. Banyak organisasi dan bisnis yang menggunakan AI untuk mempermudah pekerjaan mereka karena AI dapat memproses data dengan cepat dan akurat.

Siapa pun yang menggunakan AI akan sangat terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya pelajar dibantu dalam menyelesaikan tugas, pekerja dibantu dalam pekerjaannya, dan pengusaha dibantu dalam menjalankan usahanya.

BACA JUGA:  Tersandera di Negeri Kleptokrasi

Namun, dibalik semua kecanggihan teknologi AI yang sangat membantu ini, akan ada selalu bahaya yang mengintai kita semua. Salah satu ancaman paling umum dari kecerdasan buatan ini adalah bisa menggantikan pekerjaan manusia.

Seiring dengan semakin canggihnya fungsi AI, beberapa pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia dapat dilakukan dengan lebih efisien dan murah.

Salah satu contohnya adalah presenter AI yang dibawakan oleh TVone, salah satu stasiun televisi independen terkemuka di Indonesia. TVone saat ini menggunakan presenter AI untuk membaca iklan di TV.

BACA JUGA:  Tersandera di Negeri Kleptokrasi

Jika teknologi ini terus berkembang dan banyak saluran TV yang menggunakan teknologi AI ini, kita bisa kehilangan pekerjaan sebagai presenter karena semuanya digantikan oleh AI.

Seiring kemajuan pesat, muncul juga kekhawatiran akan keamanan dan privasi. AI memiliki kemampuan mengakses dan memanipulasi data dengan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, meningkatkan risiko pencurian identitas dan serangan siber yang merusak.

Kepercayaan buta pada teknologi ini juga memunculkan ancaman tersembunyi, di mana ketergantungan manusia pada keputusan AI dapat merampas kemandirian kita dalam memahami dan mengelola dunia sekitar.

BACA JUGA:  Tersandera di Negeri Kleptokrasi

Masih banyak lagi bahaya AI yang bisa mengancam masa depan. Kita sudah seharusnya selalu waspada terhadap penggunaan teknologi AI ini. Penting bagi kita untuk mengambil pendekatan yang bijak.

Perlunya regulasi yang ketat, kesadaran etika, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengembangan AI menjadi kunci untuk meminimalkan potensi bahaya yang mungkin muncul.

Dengan penanganan yang cermat, kita dapat memastikan bahwa kecerdasan buatan membawa manfaat yang besar tanpa mengorbankan keamanan, keadilan, dan integritas kita sebagai masyarakat global.

 

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait