Benarkah Hiu Pemangsa Manusia

DEPOKPOS – Keberhasilan serial film ‘Jaws’ di layar lebar menjadi salah satu pencetus kepopuleran banyak film dimana sang tokoh utama harus melawan hiu ganas yang memburu mereka. Film seperti ini menjadi salah satu alasan banyak orang takut berenang di pantai atau laut karena hiu. Namun, benarkah hiu memangsa manusia?

Tidak semua jenis hiu memangsa manusia. Hiu diduga sudah hadir di Bumi setidaknya, sejak 400 juta tahun yang lalu, bahkan lebih tua 200 juta tahun dari dinosaurus! Dibandingkan dengan manusia modern yang baru berevolusi sekitar 315 ribu tahun yang lalu, hiu tentu saja belum terbiasa dengan kehadiran kita.

Hal ini membuat manusia tidak termasuk ke dalam daftar mangsa hiu, terlebih karena hiu tinggal di dalam laut dan manusia tinggal di daratan. Kebanyakan kasus serangan hiu disebabkan oleh manusia membuat siluet yang terlihat seperti mangsa hiu, atau sang hiu penasaran dengan kehadiran makhluk asing di lingkungannya.

Hiu memangsa beberapa jenis invertebrata kecil dan ikan-ikan kecil, namun beberapa spesies yang lebih besar seperti anjing laut, singa laut, dan mamalia laut lainnya juga menjadi sasaran hiu. Hiu sangatlah penasaran dengan lingkungan sekitarnya. Ditambah dengan sifat mereka yang pemalu, playful, dan mudah stress, menjadi salah satu alasan hiu biasanya lebih takut terhadap manusia dibanding manusia takut kepada hiu.

Mungkin banyak yang pernah mendengar nama Hiu Putih Raksasa, atau disebut juga Carcharodon carcharias yang memiliki banyak ‘pengalaman’ dalam menyerang manusia. Hiu jenis ini biasanya memangsa anjing laut dan sering salah mengira kalau manusia yang berenang sendirian adalah anjing laut. Namun, dari semua serangan hiu putih raksasa, diduga hampir tidak ada serangan yang disebabkan karena sang hiu mengincar manusia dari awal.

Hiu tidak memiliki indra perasa yang sama seperti kita. Peneliti menduga bahwa insting hiu menggigit objek sekitarnya merupakan cara hiu mendapatkan informasi mengenai objek yang digigitnya. Selain itu, sifat hiu yang mudah penasaran dengan objek sekitar menjadikan manusia, yang bukan warga asli lautan, terlihat menarik bagi hiu. Selain penasaran tentang manusia, hiu juga sedang memutuskan apakah manusia termasuk mangsa yang layak dimakan. Kebanyakan hiu yang sudah pernah menggigit manusia tidak akan menggigit lagi kecuali untuk membela diri, jadi bisa disimpulkan kalau hiu lebih menyukai rasa anjing laut dibandingkan manusia.

Beberapa tips untuk menghindari serangan hiu adalah menghindari berenang saat gelap atau saat senja, selalu berenang dengan orang lain, tidak masuk atau berenang di laut saat sedang menstruasi atau memiliki luka terbuka, tidak menggunakan perhiasan berkilau yang mencerminkan cahaya, dan jangan membuat terlalu banyak memercikkan air. Apabila terdapat tanda-tanda hiu di perairan tempat berenang, keluarlah dari air secara tenang dan perlahan.

Hasna Athifa D., siswa SMAN 15 Bekasi