Alasan Mengapa Air PDAM Tidak Bisa langsung Diminum

Air yang dialirkan oleh PDAM seharusnya bisa langsung diminum

Air yang dialirkan oleh PDAM seharusnya bisa langsung diminum

DEPOKPOS – Air merupakan bagian penting bagi kehidupan, sebagian besar tubuh kita terdiri dari 70% air, tanpa air manusia akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Manusia umumnya memperoleh air dari minuman, makanan, dan hasil metabolisme dalam tubuh. Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Maka dari itu manusia membutuhkan air minum yang bersih dan sehat untuk kebutuhan sehari-hari.

PDAM (perusahaan daerah air minum) di indonesia yang memiliki tanggung jawab besar untuk mendistribusikan air bersih dan sehat kepada masyarakat. Meski begitu, masyarakat umum cenderung menganggap air PDAM sebagai air yang kotor. Keberadaan PDAM menimbulkan berbagai pertanyaan apakah air yang diproduksi oleh PDAM bisa diminum secara langsung. Lantas, apakah air PDAM layak untuk diminum?.

BACA JUGA:  Benarkah Hiu Pemangsa Manusia

Air PDAM berasal dari berbagai sumber, seperti air sungai, air danau, air bawah tanah, dan sumber air lainnya. Sebelum disalurkan ke masyarakat, air PDAM diolah, di saring dan disterilkan terlebih dahulu. Dengan bahan seperti Aluminium Sulphate, Soda Ash, hingga PAC umumnya digunakan di beberapa PDAM di indonesia.

Water specialist dari ITB (Institut Teknologi Bandung), Rofiq Iqbal menuturkan bahwa air yang dialirkan oleh PDAM seharusnya bisa langsung diminum. Sebab, standar air PDAM cukup bersih dan aman untuk dikonsumsi secara langsung. Tapi, pada nyatanya air PDAM tidak bisa langsung diminum di indonesia.

Bukan karena kualitas airnya yang jelek, tapi karena pipa saluran air yang tidak layak. Pipa yang sudah berumur mengakibatkan pipa menjadi karatan dan berlumut. Air yang melewati pipa tersebut akan terkena karat yang mengakibatkan air menjadi tidak layak lagi untuk diminum. Mengkonsumsi air yang mengandung karat dalam jangka waktu yang lama atau secara terus menerus akan menyebabkan masalah seperti rasa mual, keracunan logam, hingga dapat terjadi tumor.

BACA JUGA:  Perbedaan Wakaf dan Sedekah

Di beberapa daerah di indoesia sendiri usia pipa air PDAM sudah mencapai 1 dekade. Usia yang sudah termasuk tua membuat pipa berlumut dan karatan, dan berkemungkinan mengalami kebocoran. Oleh sebab itu, minum air dari keran sangat tidak dianjurkan. Bukan karen kualitas airnya yang buruk, tetapi pipa penyalurnya yang tidak bersih. Terus, air seperti apa yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat indonesia?

Selain bisa mengkonsumsi air kemasan yang beredar dipasaran, masyarakat juga bisa minum dan mengkonsumsi air yang sudah dimasak. Hampir 100 persen air matang tidak mengandung bakteri yang bisa menjadi sumber penyakit. Saat proses memasak air, bakteri dan kuman akan mati, terutama pada saat air mencapai titik didih yang mana berada pada suhu 55-60 selama sepuluh menit itu akan mematikan sebagian besar kuman atau patogen penyakit yang terkandung di dalam air tersebut.

BACA JUGA:  Kesalahan Umum dalam Mengorganisir Suatu Acara

Diharapkan pemerintah Indonesia sangat memperhatikan betul dampak dan akibat yang terjadi kalau masyarkat mengkonsumsi air yang kurang layak konsumsi ini. Air yang tidak bersih akan menjadi sumber penyakit untuk Masyarakat yang mengkonsumsi air tersebut.

Air bersih dan sehat sangat penting untuk tubuh kita. Maka dari itu masyarakat indonesia sangat memerlukan air bersih yang memadai untuk dikonsumsi seperti negara Jerman, Kanada, Inggris dan masih banyak lagi lainnya. Semoga masyarakat indonesia biasa segara merasakan apa yang dirasakan negara-negara lainya.

Deri Kuddus Madani
Akademi Teknik Tirta Wiyata, Kota Magelang