Health  

Manfaat Teh untuk Kesehatan

Teh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kita

DEPOKPOS – Teh adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Teh berasal dari daun tanaman Camellia sinensis dan telah dikonsumsi selama berabad-abad. Di Indonesia, teh merupakan salah satu minuman yang paling disukai dan banyak diminum oleh masyarakat.

Teh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Diantaranya adalah

1. Melawan radikal bebas

Teh mengandung antioksidan sehingga bermanfaat bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Di dalam tubuh, radikal bebas muncul dari proses pembakaran. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Antioksidan dalam teh inilah yang dinilai memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Teh merupakan minuman yang hampir tidak memiliki kalori. Kandungan di dalam teh dapat menghambat penyerapan lemak. Teh juga membantu membakar lemak lebih banyak saat Anda berolahraga. Namun, untuk dapat menurunkan berat badan, jangan menambahkan banyak gula dan susu ke dalam teh Anda.

BACA JUGA:  Jangan Abaikan Kesehatan Gizi pada Remaja

3. Membuat kulit lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dinilai dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Meski demikian, minum teh hitam panas (hangat) dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menikmatinya sebagai es teh.

4. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh hitam setiap hari juga disebut dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrition” melaporkan, mereka yang minum teh hitam tanpa gula secara rutin mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, dibandingkan individu yang tidak mengonsumsi teh hitam.

Selain itu, hasil dari beberapa uji klinis lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi teh dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol LDL, trigliserida, serta tekanan darah sistolik dan diastolik.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh punya khasiat antiinflamasi lewat kandungan katekin, yang dapat membuat pembuluh darah relaks dan jernih sehingga mengurangi tekanan pada jantung.

Karena manfaat nya yang bengitu banyak, banyak yang menikmati secangkir teh saat memulai hari, saat merasa lelah untuk memberikan energi tambahan, dan saat hari terasa panas untuk menyegarkan tubuh. Cuaca di Indonesia akhir akhir ini sangat panas.

Bahkan beberapa hari terakhir sempat menyentuh angka 40°C. Dengan adanya kondisi ini, banyak orang memanfaatkan cuaca panas ini untuk membuka usaha es. Es teh jumbo salah satu contohnya.

Di pinggir jalan raya bahkan di jalan jalan desa pasti bisa ditemui orang yang berjualan es teh ini. Siapa yang tidak mengenal es teh jumbo, dari anak kecil sampai orang dewasa pasti familiar dengan minuman ini.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

Baik untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga dan teman-teman, es teh jumbo akan selalu menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan wawancara saya terhadap beberapa mahasiswa, mereka lebih memilih untuk membeli es teh jumbo daripada harus membuat nya sendiri.

Hal itu didasari karena maraknya penjual es teh jumbo, praktis serta harganya yang murah.

Devina Zhika Maharani
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta