Health  

Manfaat Minum Air Putih 2 Liter per Hari

Minum air berlebihan akan mengakibatkan over hidrasi

DEPOKPOS – Banyak orang mengetahui minum air putih menyehatkan, karena banyak manfaatnya untuk tubuh kita, bahkan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Air juga merupakan salah satu sumber kehidupan.

Apabila tidak ada air maka tidak ada kehidupan, seperti itulah gambarannya. Dapat disimpulkan betapa pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup di dunia. Misal tanaman akan layu, bahkan mati apabila kekurangan air. Hewan juga akan tidak bertahan hidup apabila tidak ada air lebih-lebih manusia.

Uraian di atas merupakan gambaran betapa pentingnya air secara umum. Manfaat air secara khusus setiap manusia sangat membutuhkan air putih, kandungan elektrolit (Kandungan yang membantu mengatur jumlah air di dalam dan di sekitar sel tubuh), terutama yang ada di otak, untuk meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

Air yang cukup di tubuh kita, maka oksigen juga cukup daya pikir kita bisa stabil. Manusia agar sehat minimal mengkonsumsi air 2 liter per hari, tetapi juga tidak diperbolehkan berlebihan. Minum air berlebihan akan mengakibatkan over hidrasi .

Masyarakat kebanyakan hanya mengetahui banyak minum air putih baik untuk kesehatan, tetapi belum mengetahui secara detail bagaimana cara mengonsumsi air putih dengan benar.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui bagaimana cara mengonsumsi air yang benar :

  • Minum air jangan dengan berdiri
  • Rutinlah minum air kurang lebih 2 liter per hari
  • Jangan minum air dingin yang berlebihan
  • Jangan minum air terlalu banyak saat akan tidur

Minum air jangan dengan berdiri dapat membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring. Rutinitas minum air 2 liter perhari, meningkatkan metabolisme, sehingga sangat mudah bagi tubuh untuk membakar dan membuang kotoran lewat tinja, urine, dan keringat. Tentunya hal ini sangat berdampak pada penurunan berat badan.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

Mengonsumsi air secara cukup dapat meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar, sebaliknya, kurang air dapat menyebabkan kosntipasi, infeksi, saluran urin, terbentuknya batu ginjal, kelelahan, dan masalah-masalah seputar kulit, rambut, dan kuku.

Selain hal di atas cukup air dalam tubuh memperlancar fungsi kerja ginjal untuk mengeluarkan racun-racun di tubuh dan membantu daya konsentrasi yang yang luar biasa karena asupan air ke otak yang cukup.

BACA JUGA:  Tak Terlihat tapi Mematikan: Bahaya Merokok yang Harus Anda Ketahui

Usahakan jangan minum air terlalu dingin karena minum air dingin yang ekstrim dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang dapat menganggu pencernaan. Hal ini karena air dingin menyebabkan perut berkontraksi, membuat pencernaan lebih sulit setelah makan. Sistem pencernaan cepat terpengaruh oleh air dingin.

Jangan minum air banyak di malam atau saat menjelang tidur, karena dapat merusak ginjal. Dengan demikian, mencukupi kebutuhan air atau minimal minum 2 liter air putih perhari secara rutin dan minum air putih secara benar maka ksehatan tubuh dapat terjaga.

Galih Wicaksono
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta