Ekonomi Syariah, Apakah Dapat Dibangun Lewat Organisasi?

Ekonomi Syariah, Apakah Dapat Dibangun Lewat Organisasi?

 

Pada perkembangan zaman ini, ilmu pengetahuan semakin dengan marak tersebar luas umumnya kancah global dan khususnya di Indonesia. Apalagi dengan penyajian teknologi yang membuat banyak ilmu teoretis maupun praktik dapat diakses dengan mudah. Hal ini dapat menjadi peluang diiringi dengan tantangan khususnya bagi mahasiswa yang notabenenya adalah generasi pionir bangsa. Zaman ini adalah zaman yang tepat untuk melakukan eksplorasi disertai akselerasi agar senantiasa dapat menjadi generasi yang adaptif.

Seluruh mahasiswa dapat mengalami bahkan merasakan momentum ini tak terkecuali kader Ekonom Robbani. Melalui visi yakni pembumian ajaran islam dalam bidang ekonomi dan beragam misi yang telah dibangun untuk mencapai visi mulia tersebut, dilanjutkan dengan rencana, proses, dan disempurnakan dengan suatu target yang menjadi salah satu penunjang misi.

BACA JUGA:  Sampah Logistik Membludak, Closed Loop Supply Chain Solusinya?

Berbagai strategi tentunya telah dirancang sedemikian rupa. Dilengkapi dengan berbagai taktis yang berakhir dengan sebuah eksekusi. Namun tak sampai disitu, langkah baru kembali tercipta dengan adanya evaluasi melalui analisis pergerakan FoSSEI itu sendiri.

FoSSEI telah memiliki inisiatif strategi yang baik, melalui program-program yang ideal nan menarik perhatian. Berbagai aspek telah direalisasi dengan sebagaimana mestinya dengan melalui stimulasi 5 bidang utama yakni, kaderisasi yang terstruktur di kancah nasional, regional, hingga mengerucut di kampus-kampus. Kemudian keilmuan yang mengedepankan riset ekonomi syariah, kajian, dan pengembangan program antara lembaga pendidikan dan industri keuangan syariah. Diiringi dengan kelembagaan yang profesional dalam menjalin kerjasama khusus dengan instansi pendidikan. Bidang keuangan dengan manajemen yang ideal sesuai dengan standar yang ditetapkan negara maupun syariat Islam. Dihiasi dengan pusat informasi melalui kreativitas dengan pemanfaatan teknologi yang semakin pesat.

BACA JUGA:  Ini Alasan Penting Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Melihat dari beberapa aksi yang telah dilakukan melalui forum kajian ekonomi islam dengan beragam konsep, masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan dan diperbaiki. Mulai dari peningkatan aspek kaderisasi agar esensi kehadiran FoSSEI dapat terjaga dengan baik, begitupun aspek keilmuan yang perlu dikaji lebih dalam secara merata melalui Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI). Jika telah dieksekusi dengan optimal, ini menjadi peluang baru bagi FoSSEI dalam peningkatan penyebaran dakwah Ekonomi Syariah, sehingga dapat menjadi organisasi yang memiliki pengaruh besar di Indonesia bahkan dunia.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Farhan Rajal

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait