7 Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan salah satu kerusakan lingkungan, yang berupa menurunnya kualitas udara akibat masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi. Unsur-unsur berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer antara lain karbon monokisda (CO), Nitrogen dioksida (No2), klorofluorokarbon (CFC), sulfur dioksida (So2), hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Tb) dan Carbon Diaoksida (CO2). Unsur-unsur tersebut bisa juga disebut dengan bahan pencemar udara atau polutan.

Masuknya polutan ke dalam atmosfer itu yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Berikut adalah penyebab pencemaran udara :

Bacaan Lainnya

Pembakaran bahan bakar fosil

Bahan bakar fosil yang mengeluarkan sulfur dioksida dan karbon monoksida ke udara dapat menyebabkan pencemaran udara. Salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar adalah sulfur dioksida, yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi yang digunakan untuk menjalankan pembangkit listrik dan bahan bakar industri lainnya.

Kendaraan bermotor

Unsur-unsur berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor seperti karbon monoksida, nitrogen oksida dan volatile, yang dapat menyebabkan pencemaran udara.

Kegiatan pertanian

Kegiatan pertanian yang tidak lepas dari penggunaan pestisida, insektisida dan pupuk kimia yang berlebihan. Secara tidak langsung ketiga unsur tersebut mengandung zat-zat kimia yang berbahaya seperti ammonia, ammonia adalah produk sampingan khas pertanian dan salah satu gas yang paling berbahaya di atmosfer. Pestisida, insektisida dan pupuk kimia yang semakin umum digunakan di kegiatan pertanian.

Selain itu, para petanipun membakar ladang dan tanaman tua untuk membuka lahan baru untuk tanaman yang baru. Membakar ladang untuk membuka lahan baru akan mencemari udara dengan melepaskan polutan beracun.

Pabrik dan industri

Pelepasan gas dan bahan kimia yang berbahaya ke udara diakibatkan meningkatnya aktivitas perindustrian. Asap yang keluar dari cerobong pabrik mengandung karbon monoksida, hidrokarbon, senyawa organik dan bahan kimia dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan menurunnya kualitas udara.

Kegiatan penambangan

Penambangan adalah ekstraksi mineral dari dalam tanah yang memerlukan peralatan berukuran besar. Proses pengambilan tersebut yang menghasilkan debu dan mengeluarkan bahan kimia berbahaya menyebabkan polusi udara yang serius.

Sumber daya domestik

Ternyata kegiatan rumah tangga termasuk salah satu penyebab polusi udara. Memasak dengan kayu bakar, membakar sampah, penggunaan AC berlebihan dan hair dryer serta mengecat rumah dapat menimbulkan polusi yang sangat mengganggu.

Sumber polusi lainnya adalah partikel tersuspensi, yang biasa disebut atau dikenal dengan SPM. SPM mengacu pada partikel di udara yang biasa disebabkan oleh debu, pembakaran dan faktor lainnya.

Penebangan liar

Penebangan liar yang semakin menjadi menyebabkan kerusakan hutan dan keterbukaan hutan. Limbah pertambangan berupa dedauan dan ranting kering menjadi benda yang mudah terbakar sehingga mencemari udara dengan asap. Selain itu, fungsi hutan sebagai paru-paru dunia tidak dapat berfungsi dengan baik.

Inilah 7 penyebab polusi udara. Untuk mengaja kelestarian lingkungan, mlailah menghentikan ataupun mengurangi kegiatan yang dapat mencemari udara. Karena apabila udara di sekitar kita sudah tercemar maka akan berpengaruh pula pada kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Juani Pransista

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait