Pengaruh Opini dan Pendapat dalam Kerjasama Tim

Pengaruh Opini dan Pendapat dalam Kerjasama Tim

Kerja sama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan kerja sama tim adalah kolaborasi yang dilakukan oleh suatu kelompok dengan tujuan untuk mencapai Impian atau usaha bersama dan penyelesaian tugas dengan bersama secara efektif.

Dengan kata lain untuk menyelesaikan sebuah masalah disebuah tim / organisasi diperlukan pemikiran dan opini untuk menyerap semua pendapat dan dapat dilakukan musyawarah untuk menentukan jalan keluar untuk pemecahan masalah yang ada pada tim/organisasi. Pentingnya pendapat para anggota tim juga akan dapat memunculkan ide baru dalam menyelaraskan sebuah proses yang nantinya akan dibangun bersama untuk mencapai tujuan yang sama.

BACA JUGA:  Ini Alasan Penting Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Bagaimana dampaknya jika salah satu anggota tidak menyampaikan pendapatnya tersebut pada sebuah organisasi?

Nantinya akan ada sebuah ketidak ikhlasan dalam menjalankan sebuah program kerja dan penyelesaian tugas yang ada pada tim tersebut. Dan akan berdampak pada citra dan kinerja tim untuk terus berkembang dan maju dalam pencapaian tujuannya.

Cara mencegah agar anggota tim tidak pasif dan mengeluarkan pendapatnya adalah:

  • Melakukan diskusi kecil mengenai masalah salah satu anggota yang pasif
  • Lapor kepada atasan mengenai masalah yang Tengah dihadapi anggota
  • Pencarian solusi oleh atasan dengan kita sebagai kepala tim untuk membantu anggota kita
  • Penerapan solusi yang diberikan oleh atasan hasil diskusi kecil yang telah dilakukan kepada anggota yang pasif
  • Melihat progress anggota setelah dilakukan penerapan solusi
BACA JUGA:  Manajemen SDM: 6 Komponen yang Dapat Dilakukan untuk Pengembangan Karyawan Baru

Dilakukan evaluasi untuk tahap pengembangan sikap anggota dan penegasan aga tetap komitmen dalam tim dan tidak menjadi anggota yang pasif

Berikut diatas adalah sedikit Langkah Langkah yang dapat diambil untuk pembentukan karakter anggota tim agar tidak menjadi anggota yang pasif.

Pendapat/opini berpengaruh pada pencegahan miss komunikasi agar semua anggota paham tentang visi dan misi yang harus dicapai oleh sebuah organisasi/tim.

Dengan adanya keselarasan pendapat yang diperoleh dari hasil musyawarah maka untuk pengoperasian tugas anggota untuk mencapai tujuan tim yang sama akan berjalan dengan lancer tanpa adanya perbedaan pendapat yang bisa timbul akibat kurangnya ukhuwah , kurangnya menjalin rasa kekeluargaan pada organisasi dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Kita dapat simpulkan bahwa pendapat/ opini seseorang didalam organisasi sangat penting untuk pencapaian tujuan sebuah organisasi tersebut dengan pencegahan perbedaan pendapat melalui perbaikan sistem manajemen organisasi yang mengutamakan kemaslahatan angggotan dan keadilan yang dibentuk agar anggota merasa adil tanpa ada yang terkucilkan untuk menyuarakan pendapatnya.

Syifa Nurul Azizah

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait