Akankah di Tahun 2024 Ekonomi Syariah tetap Bertahan?

 

Ekonomi syariah diproyeksikan akan terus bertahan dan mengalami peningkatan di tahun 2024. Berdasarkan beberapa artikel yang ditemukan, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan ekonomi syariah:

1. Daya tahan yang kuat: Ekonomi syariah terbukti lebih tahan dalam menghadapi krisis, seperti yang terjadi pada pandemi COVID-19. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas bank syariah dalam beradaptasi dengan situasi, prinsip transparansi dalam operasionalnya, prinsip keadilan dalam sistem akad, dan dukungan pemerintah.

2. Pertumbuhan positif: Ekonomi syariah terus mengalami pertumbuhan yang positif, bahkan di tengah pandemi, dibandingkan dengan bank konvensional. Pertumbuhan ini diproyeksikan akan terus berlanjut di tahun 2024.

3. Merangkul semua kalangan: Ekonomi syariah diperuntukkan bagi semua orang, meskipun menggunakan prinsip yang diambil dari dasar ajaran Islam.

Meskipun ekonomi syariah memiliki potensi yang besar, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti rendahnya literasi keuangan juga menjadi salah satu faktor perkembangan ekonomi dan keuangan di Indonesia. Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Islam masing-masing sebesar 9,1% dan 9,1% sedangkan Indeks Literasi dan Inklusi Nasional masing-masing sebesar 38,03% dan 76,19%. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media sosial yang bijak dan bertanggung jawab untuk meminimalisir dampak negatifnya.

Dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan potensi ekonomi syariah, perlu adanya kolaborasi antara regulator, pelaku usaha, dan organisasi kemasyarakatan.

Selain itu, perlu adanya edukasi dan pemahaman yang lebih baik mengenai prinsip-prinsip ekonomi syariah agar masyarakat dapat memanfaatkannya secara optimal.

Dalam kesimpulannya, ekonomi syariah diproyeksikan akan terus bertahan dan mengalami peningkatan di tahun 2024. Hal ini didukung oleh daya tahan yang kuat, pertumbuhan positif, dan kemampuan merangkul semua kalangan. Namun, perlu adanya penggunaan media sosial yang bijak dan kolaborasi antara berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi ekonomi syariah.

Bintan Nisrina Qatrunnada Nurlliana

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait