Tips Mengatasi Kesulitan dalam Menulis

 

Banyak sekali seseorang mengalami kesulitan ketika ingin memulai menulis suatu karya seperti artikel, opini, atau cerpen. Hal ini biasanya terjadi karena pemikiran ide yang luas sehingga penulis sulit menentukan titik fokus suatu masalah. Ataupun emosional diri penulis sedang tidak baik menyebabkan sulit berkonsentrasi dalam menulis.

Setiap menulis, mood berpengaruh dalam suasana atau emosional penulis dalam jangka waktu tertentu. Selama proses menulis suatu karya, penulis juga membutuhkan mood supaya dapat mengembangkan berbagai ide yang ada dipikirannya. Tanpa adanya mood penulis mengalami kesulitan dalam proses menulisnya.

Ciptakan lingkungan yang Tenang

Menciptakan lingkungan tenang merupakan hal yang penting untuk meningkatkan fokus, produktivitas, dan konsentrasi. Pilih lokasi yang realtif tenang bebas dari gangguan. Identifikasi sumber kebisingan di sekitar dan upayakan untuk menguranginya. Kemudian matikan atau kurangi volume perangkat elektronik yang tidak perlu, seperti televisi atau silent notifikasi handphone.

BACA JUGA:  Merasa Kurang Pede? Lakukan 7 Hal Ini!

Mencari Referensi

Internet juga sumber daya untuk menemukan inspirasi bagi penulis. Banyak penulis memiliki blog atau situs web pribadi di mana mereka membagikan pengalaman, tips menulis, dan konten bermanfaat lainnya. Jelajahi blog dan situs penulis yang sesuai dengan minat dan genre untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi.. Kemudian juga dengan membaca berita terbaru, artikel, dan opini di situs web berita terkemuka untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai topik. Hal ini dapat memicu gagasan baru atau memberikan sudut pandang baru yang menarik bagi penulis.

Mendengarkan Musik

Musik memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mempengaruhi suasana hati, dan meningkatkan energi seseorang. Ada penulis yang menulis sambil mendengarkan musik dan adapula yang mendengarkan musik terlebih dahulu untuk meningkatkan mood yang kemudian baru melanjutkan menulis. Beragam jenis musik seperti energik, musik motivasional, atau lagu-lagu favorit yang membuat penulis merasa bahagia dan bersemangat. Semua tergantung dari pribadi masing-masing penulis untuk meningkatkan mood supaya dapat energi untuk menulis.

BACA JUGA:  5 Tips untuk Menenangkan Pikiran

Melakukan Olahraga atau Relaksasi

Melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau peregangan dapat membantu membangkitkan energi dan menghilangkan kekakuan tubuh. Olahraga juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus. Kemudian yoga atau meditasi merupakan cara yang efektif untuk meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki keseimbangan emosional.

Tentukan Tujuan dan Rancangan

Sebelum mulai menulis, merancang perencanaan yang baik sebelum menulis suatu artikel adalah langkah yang penting untuk memastikan kelancaran dan kejelasan suatu tulisan. Membuat kerangka atau rencana penulisan sehingga memiliki panduan yang jelas untuk mengarahkan suatu tulisan.

BACA JUGA:  Jangan Terjebak Hubungan Toxic, Lakukan Ini!

Mulailah dengan menentukan tujuan tulisan, Apakah Anda ingin memberikan informasi, mengajukan argumen, atau menginspirasi pembaca? Lalu Ketahui siapa target pembaca dan identifikasi pengetahuan, kebutuhan, dan minatnya Setelah merancang perencanaan dengan baik, penulis akan memiliki kerangka yang kuat untuk menulis artikel dengan lebih efisien dan terstruktur.

Dalam menghadapi kesulitan dalam menulis, penting untuk mencari strategi yang membantu meningkatkan keterlibatan emosional, mengatasi ketakutan dan keraguan, merangsang kreativitas, menciptakan lingkungan yang kondusif, dan menemukan sumber motivasi dan inspirasi yang tepat. Setiap penulis mungkin memiliki pendekatan yang berbeda untuk mengatasi kesulitan tersebut, jadi eksperimen dengan metode yang berbeda dan temukan apa yang paling efektif dalam memulai menulis suatu karya.

Muharrafi Yudapermana
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta