Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

Menurut ensiklopedia dunia, mandi merupakan aktivitas merendam tubuh didalam air atau aktivitas membasuh tubuh menggunakan cairan, air, atau larutan encer. Sedangkan dalam reteratur bahasa ‘Arab Alghaslu’ mandi memiliki dua arti, yaitu istilah dan bahasa. Mandi menurut istilah adalah mengalirkan air ke seluruh badan dengan disertai niat. Sedangkan menurut bahasa mandi mencucurkan air secara mutlak. (Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)(Yuliar, n.d.)

Mandi merupakan salah satu aktivitas manusia yang bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran setelah beraktivitas, membuat badan segar. Dalam sehari manusia mandi Min 2x sehari yaitu pagi dan sore. Selanjutnya mandi subuh juga memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama mandi fajar/sebelum subuh sangat banyak sekali manfaat yang didapatkannya.

Berikut merupakan manfaat mandi pagi bagi kesehatan yang ditinjau oleh dr. Mikhael Yosia, BMedScl, PGCert, DTM&H. Melalui tulisan yang di tulis oleh Novi Sullstla Wati di hello sehat, (Wati Novi Sulistia, n.d.)
⦁ Meningkatkan produktivitas

Tubuh kita cepat terbangun jika kita mandi pagi dan mandi menggunakan air dingin, kemudian paparan air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar subu tubuh stabil. Mandi pagi dapat membantu meningkatkan detak jantung, ritme pernafasan dan memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Hal-hal inilah yang menjadi efek untuk anda menjadi lebih bersinergi serta produktif dalam menjalani hari.

⦁ Mengurangi rasa sakit

Rasa sakit pada tubuh dapat berkurang, jika saat mandi kita menyiram air dingin di atas kepala, karena menurut sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences, air dingin dapat memberikan efek yang sama dengan obat bius lokal yang dapat meringankan rasa sakit. Kemudian paparan air dingin dapat mengurangi pembengkakan yang menjadi pemicu rasa sakit, karena air dingin dapat membantu mempersempit pembulu darah. Selain itu, air dingin dapat memperlambat kecepatan sinyal yang akan menghantarkan rasa sakit ke otak.

⦁ Menurunkan risiko stres dan depresi

Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi gejala-gejala depresi. Dikutip dari Psychology Today, mandi dingin sama dengan metode hidroterapi karena dapat menjadi pengobatan yang dilakukan dengan air. Hormon norepinerfin dapat di lepaskan dengan bantuan air dingin, karena hormon ini bisa meningkatkan suasana hati pada seseorang pengidap depresi. Selain itu, air dingin dapat membuat kita merasa jauh lebih baik, karena air dingin meningkatkan produksi beta-endorfin.

⦁ Meningkatkan sirkulasi darah

Mandi air hangat di pagi hari dapat memperlancar aliran darah serta dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi kita.

⦁ Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika kita mandi di pagi hari dan menggunakan air dingin dapat membuat tubuh sehat dan tidak mudah sakit. Sebuah studi dari jurnal PLoS One, telah melakukan penelitian dan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari dan di laksanakan selama 30 hari. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi penurunan sebesar 29% orang yang sakit. Apalagi di barengi dengan olahraga rutin maka penurunan tersebut akan semakin besar angkanya, yaitu mencapai 54%. Tetapi dengan adanya penelitian tersebut belum diketahui secara pasti apa hubungan sistem imun tubuh dengan air dingin.

⦁ Meringankan gejala hidung tersumbat

Mandi air hangat dapat meringankan gejala hidung tersumbat flu, pilek, atau gangguan pernapasan lainnya, karena uap air hangat dapat membantu mengencerkan lendir dan dahak dalam hitungan menit, sehingga dapat disingkirkannya dengan mudah. Kemudian mandi air panas dapat membuat meringankan nyeri tubuh yang di sebabkan oleh demam atau flu.

⦁ Untuk pendinginan setelah olahraga

Mandi air dingin setelah olahraga dapat memulihkan tubuh kita setelah olahraga. Di kutip dari Journal of Strength and Conditioning Research, air dingin dapat mempercepat pemulihan tubuh setelah olahraga. Selain itu, air dingin juga dapat menurunkan suhu tubuh yang tinggi sehabis olahraga. Namun jangan mandi jika tubuh masih berkeringat, tetapi atur pernafasan terlebih dahulu dan biarkan suhu tubuh dengan sendirinya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait