Mitos atau Fakta, Makan Sayur Kangkung bisa Bikin Ngantuk?

Kangkung disebut memiliki efek sedatif dan depresan. Dalam dosis besar, efek sedatif yaitu dapat menyebabkan tidur pulas

DEPOKPOS – Sayuran kangkung adalah sayuran yang memiliki rasa yang enak untuk dinikmati banyak orang. Apalagi tumis kangkung yang bisa jadi pendamping berbagai hidangan utama. Dengan memiliki tekstur yang masih krenyes renyah dengan rasa gurih dari bumbu tumisannya.

Dan tak hanya itu sayuran ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik bagi tubuh kita. Vitamin yang terkandung yaitu vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor,dn senyawa antioksidan,dan manfaat kangkung juga membuat sayuran berdaun hijau ini bagus untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan pada tubuh, melawan radikal bebas, mengatur kesimbangan cairan, dan juga menurunkan tekanan pada darah.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Dokter Ungkap Klorin pada Popok Bayi dapat Picu Penyakit Berbahaya

Anggapan banyak orang tentang sayuran kangkung jika dikonsumsi bisa membuat ngantuk. Padahal yang kita tau hanya untuk mengkonsumsi sayuran kangkung ini dianjurkan untuk tak lebih dari 6 jam setelah dimasak. Dan untuk membahas tentang efek dari mengkonsumsi sayuran ini, banyak orang mengaku ngantuk usai makan sayuran kangkung. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

BACA JUGA:  Festival Musik PESTAPORA Kembali Hadir

Mengutip salah satu media social yang dibahas oleh ahli gizi mengatakan bahwa jika sayuran kangkung punya hubungan kuat dengan rasa kantuk. Kangkung disebut memiliki efek sedatif dan depresan. Dalam dosis besar, efek sedatif yaitu dapat menyebabkan tidur pulas. Dapat kita lihat yaitu jika dengan dosis besar.

Lantas seberapa besar pengaruhnya? Bila kangkung dimakan dalam porsi makan sedikit (biasa), maka efek mengantuknya sangat kecil. Tapi sebaliknya, jika makan kangkung dalam jumlah banyak, maka akan terasa efek mengantuknya. Efek kantuk yang didapat dari konsumsi kangkung bisa saja hanya sugesti ataupun karena jenis makanan pendamping lainnya, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak pada satu waktu.

BACA JUGA:  Dokter Ungkap Klorin pada Popok Bayi dapat Picu Penyakit Berbahaya

Jadi, ada beberapa zat yang terkandung pada sayuran kangkung memang bisa memberi efek rasa ngantuk. Dan pada anggapan makan kangkung bisa bikin ngantuk adalah benar, bukan omong kosong. Tetapi jika menurut artikel lain hanyalah mitos, karena sebenarnya kandungan kalium pada kangkung tidaklah terlalu tinggi, sehingga perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait