Oase  

Bagaimana Al-Qur’an Menjelaskan Peran Seorang Ibu?

DEPOKPOS – Dalam Al-Qur’an banyak sekali disebutkan ayat-ayat yang menjelaskan peran menjadi seorang ibu. “Bagaimana Al-Qur’an menjelaskan peran seorang ibu?” tanya Founder MISS (Madrasah Ibu Cerdas Shalihah), Bunda Atik dalam Talkshow Parenting: Menjadi Ibu dan Pendidik Tangguh di Era Milenial, Sabtu (17/06/2023) di Aula Kelurahan Pangkalan Jati, Depok.

Menurutnya, ada dua kata yang sering dipakai dalam Al-Qur’an untuk menyebut Ibu. “Pertama, walidah. Yang artinya perempuan yang melahirkan anak. Kedua, umm. Al-Qur’an menggunakannya untuk menyebutkan sesuatu yang menjadi sumber kemuliaan,” jelasnya di hadapan sekitar 50 Muslimah se Depok.

BACA JUGA:  Investasi Akhirat: Zakat Pondasi Kekuatan Ekonomi Umat

Bunda Atik pun menyebutkan bahwa Al-Qur’an menceritakan kisah seorang ibu yaitu Ibunda Nabi Musa dan bagaimana perjuangan beliau.

Generasi Milenial

Selanjutnya, Bunda Atik memaparkan tentang generasi milenial. Generasi milenial ini adalah anak-anak yang lahir di tahun 1980 dan seterusnya. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial sangat kental dengan teknologi. Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi telah menjadi suatu fenomena yang nyata. Kemajuan teknologi ini bisa bermanfaat. Namun bisa juga menimbulkan keburukan. Sayangnya para orang tua tidak dibekali bagaimana cara untuk menghadapi kemajuan teknologi.

BACA JUGA:  Mendapatkan Keberkahan di Bulan Ramadhan

“Semenjak pandemi, kita dihadapkan pada situasi yang berbeda. Sekolah, bekerja, belajar, harus selalu menggunakan gagdet. Anak-anak menjadi familiar dengan media sosial. Jika orang dewasa punya filter untuk menyaring siapa saja yang dapat berkomunikasi. Namun berbeda dengan anak. Beberapa waktu lalu, ada berita tentang seorang anak perempuan yang pergi dengan pria asing dewasa karena media sosial. Teknologi juga memiliki bahaya” bebernya.

BACA JUGA:  Ini yang Terjadi Sebelum Imam Mahdi Muncul

”Oleh karena itu, seorang ibu perlu terus belajar dari buaian hingga liang lahat agar bisa menjadi ibu tangguh dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan perintah Allah,” pungkasnya. []

Wendy Lastwati