Rektor UGM Tinjau Pelaksanaan UTBK 2023

DEPOKPOS – Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(k)., Ph.D., meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di beberapa lokasi ujian yang berada di Kampus UGM, Senin (8/5). Pelaksanaan UTBK sendiri dimulai pada tanggal 8 Mei hingga 14 Mei 2023.

Ia mengatakan monitoring pelaksanaan UBTK dilakukan untuk memastikan seluruh proses ujian berjalan lancar.

“Tadi ada kendala terkait sistem secara nasional, sempat bermasalah, tetapi sudah bisa diatasi dan tidak ada peserta yang dirugikan,”jelas Ova kepada wartawan di sela-sela peninjauan lokasi UTBK di FKKMK UGM.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa UGM berkomitmen memfasilitasi seluruh peserta ujian baik dari sisi kesehatan, aksesibilitas dan lainnya. Selain itu, UGM juga komitmen menjunjung integritas dengan mengantisipasi adanya tindakan kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

“Jadi, kita mengupayakan langkah untuk mendeteksi kecurangan melalui pemeriksaan pada seluruh peserta sebelum memasuki ruang ujian. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan di awal bahwa ujian diselenggarakan secara profesional,” tuturnya.

Sementara Ketua Pusat UTBK UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA., menambahkan dalam pelaksanaan ujian pada tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Peserta masih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diantaranya memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

“UGM juga menyiapkan tim kesehatan yang selalu standby untuk memantau kesehatan peserta ujian,” terangnya.

UGM sebagai salah satu Pusat UTBK menyelenggarakan 11 sesi tes yang bertempat di 12 lokasi di lingkungan UGM. Dalam satu hari pelaksanaan UTBK terdiri dari dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dilaksanakan mulai pukul 06.45-10.00 WIB, sedangkan sesi siang dilaksanakan mulai pukul 12.30-16.15 WIB. Jumlah peserta per sesi sebanyak 1.223 orang, kecuali di sesi ke-12 jumlah peserta sebanyak 1218 orang.

UTBK yang berlangsung di UGM pada tahun ini diikuti 13.448 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, juga diikuti oleh 1 orang peserta difabel tunadaksa yang melaksanakan ujian di FKKMK dengan fasilitasi pendampingan oleh Pokja Peduli Difabel UGM selama mengikuti tes.

Pusat UTBK UGM menyelenggarakan UTBK hanya dalam periode gelombang 1 saja. Sementara ujian tersebar di 12 lokasi yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi, FKKMK, Fakultas MIPA, Gedung Suhardi Sigit Departemen Ekonomika dan Bisnis SV, Gedung Magister Manajemen (MM), Gedung Magister Ekonomi Publik (MEP), Perpustakaan Pusat UGM dan Gedung TILC Sekolah Vokasi UGM.

Penulis: Ika
Foto: Firsto