Penyebab Panu dan Cara Pencegahannya

DEPOKPOS – Panu diketahui dengan nama pityriasis versicolor atau tinea versicolor adalah penyakit pada tubuh yang disebabkan oleh infeksi jamur yang mengganggu pigmentasi pada kulit dan bisa terbilang sangat umum terjadi. Pada kasus panu ini lebih sering menyerang kepada remaja dan usia muda tetapi tidak menutup kemungkinan panu juga bisa menyerang orang dewasa.

Panu tidak menular dan kondisi tersebut dapat ditandai dengan bercak- bercak yang bewarna lebih terang atau lebih gelap dari area kulit lainnya. Panu muncul dengan bercak- bercak kecil dan seiring waktu dapat menyatu serta membentuk bercak lebih besar

Penyebab dan Gejala Panu

Penyebab panu disebabkan oleh adanya pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur malessezia secara cepat dan tidak terkendali pada permukaan kulit. Jamur ini juga yang menjadi penyebab munculnya panu di wajah, lengan, punggung, leher. Sebenarnya belum diketahui sebab pasti apa yang menyebabkan kondisi tersebut namun Faktor yang dapat mempercepat perkembangan jamur Malassezia pada kulit dengan cuaca panas atau lembab, perubahan pada hormon, penurunan daya tahan tubuh, kulit yang0y berminyak, dan kondisi kulit yang lembab.

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Gejala panu yaitu bercak di kulit yang berwarna terang atau lebih gelap. Bercaknya juga dapat dapat disertai dengan gejala lain yaitu seperti gatal pada area bercak serta kulit bersisik serta kering di area yang terjadi panu, bercak semakin terlihat jelas saat berjemur dan perubahan pada warna kulit serta kulit terasa menebal.

Pengobatan penyakit panu

Panu adalah kondisi yang tidak membahayakan dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun kondisi ini dapat mempengaruhi penampilan bila panu ada di wajah, oleh karena itu sebaiknya akan lebih baik anda melakukan pemeriksaan ke rumah sakit dan dokter untuk mendapatkan obat yang dapat sesuai dengan kondisi anda. Obat panu yang biasa digunakan adalah anti jamur dalam bentuk salep atau tablet.

Sebagai upaya pengobatan untuk menghilangkan panu selanjutnya dengan diberikan obat oles atau krim oleh dokter yang mengandung selenium sulfide, pyrithione zinc, dan ketoconazole. Tidak hanya dapat meringankan gejala namun kandungannya juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Setelah pengobatan selesai mungkin warna kulit tetap tidak akan sama pada beberapa waktu kedepan atau bahkan berminggu minggu dan berbulan- bulan. Panu yang tidak dapat bereaksi karena obat sebaiknya tidak didiamkan dan diabaikan, jika hal tersebut terjadi segera melakukan pemeriksaan ken rumah sakit dan dokter untuk mendapatkan solusi mengatasi bercak panu yang parah, bila tidak ditangani bisa memicu komplikasi pada kulit.

Pada beberapa masalah tentang panu bisa menyebabkan komplikasi yaitu perubahan warna kulit dan berlangsung sangat lama, walaupun sudah melakukan pengobatan terkadang warna nya tidak bisa langsung berubah, kita tidak perlu khawatir komplikasi seperti ini tidak akan lama dan permanen serta bisa hilang dengan seiringnya pengobatan.

Cara mencegah panu

Penyakit panu biasanya dapat disebabkan oleh jamur jenis Malassezia yang terdapat pada kulit manusia. Sebaiknya lakukan pencegahan agar perkembangan jamur ini tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada kulit. Ada beberapa cara untuk mencegah panu, cara pencegahan panu yang paling umum adalah dengan mengurangi risiko penyakit ini dan menjaga kebersihan kulit. Beberapa hal berikut juga dapat membantu Anda menghindari panu, termasuk:

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

⦁ Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat
⦁ Hindari pakaian yang terlalu ketat
⦁ Kenakan pakaian longgar
⦁ Hindari paparan sinaran matahari secara langsung dan di bawah matahari terlalu lama
⦁ Menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh dengan selalu mandi setelah melakukan aktivitas dan keringat berlebihan
⦁ Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan jenis kulit Anda dan hindari penggunaan produk kulit yang menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih
⦁ Gunakan sunscreen dan sunblock saat melakukan kegiatan di luar dengan waktu yang sangat lama
⦁ Usahakan mengganti pakaian bila dari luar ruangan dan berkeringat

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait