Penyakit yang Diakibatkan Virus dan Cara Mencegahnya

DEPOKPOSVirus adalah sebuah parasit atau makhluk hidup yang kehidupannya selalu bergantung kepada makhluk hidup yang lain memiliki ukuran mikroskopik (tidak dapat dilihat oleh mata) yang bisa menginfeksi sel organisme biologis.

Virus nerupakan jenis parasit obligat intraseluler.

Virus juga mengandung asam nukleat DNA atau RNA nya yang tidak dapat berkombinasi dengan keduanya.

Pada tahun 1935 Wendell Meredith Stanley dari Amerika Serikat yang mencoba dan berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit mozaik yang kini dikenal sebagai virus mozaik tembakau. Virus mozaik adalah virus yang pertama kali divisualisasikan dengan mikroskopelektron pada tahun 1939 oleh ilmuwan Jerman G.A Kausche dan H.Ruska(Kuswiyanto,2016).

Definisi virus

Virus merupakan agen infeksius terkecil (diameter sekitar 20 nm hingga 300 nm) dan hanya ada satu jenis asam nukleat (RNA atau DNA) sebagai genom mereka.

Asam nukleat terbungkus dalam selubung yang bernama protein yang kemudian dikelilingi oleh sebuah membran yang mengandung lipid dan keseluruhan unit infeksius dinamakan virion.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Cara berkembang biak Virus

Virus masuk sel (infeksi), virus menempel pada sel (viropeksis) dan kemudian dapat menembus sel (pinositosis). Di dalam sel asam nukleat virus dilepaskan dan dapat merangsang isi sel untuk dapat membentuk sebuah asam nukleat dan protein yang dimiliki oleh virus yang kemudian masuk, dan k terjadi proses pemantangan komponan yang terbentuk. Mulai virus masuk sampai pematangankomponen-komponen baru disebut stadium eclypse.

Penyebaran virus

penyebaran virus terbagai menjadi 2 yaitu:

1.Penyebaran jarak dekat dapat mengakibatkan infeksi terlokalisir. Penyebaran jarak dekat virus dapat menginfeksi sel tetangga melalui media ruang antar sel yang dapat menyebabkan terjadi nya infeksi virus papiloma yang menyababkan infeksi saluran pernapasan dan pencernaan.

2.Penyebaran jarak jauh. dalam proses penyebaran jarak jauh bisa terjadi melalui berbagai tahapan Setelah melewati central focus virus yang dapat menyebar dan akhirnya mencapai organ sasaran Penyebaran terjadi melalui aliran darah, getah bening ataupun susunan saraf.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Ada berbagai macam penyakit yang di akibat oleh virus ada yang sifat nya ringan yang dapat sembuh sendiri ada yang sifat nya serius yang memperluka perwatan dokter.

Gejala yang sering kita temukan dari penyebaran penyakit akibat virus seperti :
Batuk
Demam
Bersin bersin
muntak
Diare
Tidak enak badan
Dll

Virus dapat menyebar melalui berbagai hal seperti :
Memegang benda yang sudah di pegang dengan orang banyak
kontak langsung dengan orang yang sedang sakit seperti bersin batuk
satu ruangan degan orang yang terkena virus

Tujuh penyakit yang di sebabkan oleh virus :

Pilek
Pilek merupakam infeksi virus yang paling sering terjadi yang mempunyai gejala seperti bersin berisin, radang tengorokan, hidungb tersumbat, dan batuk.

Flu
Flu mempunyai gejala yang lebih serius dibanding dengan pilek seperti demam, pusing, kecapean,mual & muntah. Flu umum nya sering menyerang saat musim hujan.

Cacar air
Cacar bisa menyerang siapa saja orang dewasa atau anak anak namun kebanyakan cacar sering di alami oleh anak anak. Cara di sebabkan oleh virus Varicella-Zoster. Gejala cacar seperti ruam dan gatal gatal gejala tersebut muncul diarea wajah, dada, punngung, dan bisa meyebar keseluruh tubuh.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Rabies
Rabies di sebabkan oleh virus rabies. Rabies dapat di tularkan melalui gigitan hewan, gejala yang timbul akibat gigitan seperti demam, sakit kepala, halusinasi dan bahkan bisa mengalami kelumpuhan.

HIV atau AIDS
Virus hiv akan membuat system tubuh menjadi lemah dan menurunnya kekebalan tubuh yang dapat merusak sel darah putih yang membuat penderita hiv tidak mampu untuk melawan infeksi tersebut.

AIDS
AIDS adalah sebuah tahapan akhir dari inveksi AIDS. AIDS dapat menyebar melaui hubungan seksual dan menggunakan jarum suntik yang sama dengan orang yang sudah terjangkit HIV.

ZIKA
ZIKA dapat terinfeksi melalui gigitan nyamuk, bisa saja melalui hubungan seksual dan melalui aliran darah ibu memalui janin yang di kandung.