Mengenal Lebih Dalam Penyakit Diabetes

DEPOKPOSDiabetes Melitus (DM) dapat di definisikan sebagai penyakit atau gangguan metabolism yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah disertai dengan gangguan metabolism karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat ketidakmampuan untuk menjalankan fungsi insulin.

Kebanyakan orang tidak tahu dan tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes. Ketidaktahuan ini disebabkan karena kebanyakan penyakit diabetes berlangsung tanpa keluhan, setelah beberapa komplikasi barulah penderita memeriksa diri ke dokter.

Mengingat perubahan gaya hidup masyarakat sekarang seperti urbanisasi, westernisasi, modernisasi yang menyebabkan timbulnya diabetes. Semua serba otomatis dan praktis. Makanan semakin bermacam macam, makin banyak juga makanan cepat saji yang mengandung tinggi kalori serta mengandung lemak. Tidak heran lagi kita menjumpai manusia gemuk dimana mana. Bahkan, mereka yang masih muda pun banyak yang sudah terjangkit penyakit ini.

Apakah bahaya penyakit diabetes melitus?

Penyakit diabetes melitus ini tidak bisa dianggap remeh. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi pada mata, jantung, ginjal, saraf, atau kemungkinan bisa sampai di amputasi. Tanpa pengobatan yang baik, penyakit ini dapat menyerang lebih banyak organ penting dalam tubuh kita, bahkan bisa berakibat fatal. Begitu nanti anda tahu bahwa anda terkena diabetes, anda akan mengalami banyak perubahan dalam hidup anda. Ada yang tiba-tiba menjadi takut dan cemas, ada yang panik dan tidak bisa mengontrol emosi, ada yang berdiam diri, bahkan sampai ada yang memberontak. Semua tergantung bagaimana diri kita menyikapinya.

Tanda dan gejala apa saja yang perlu diketahui?

Walaupun penyakit diabetes sering muncul tanpa gejala. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan kita waspadai, yang memungkinkan itu tanda dan gejala diabetes. Gejala yang sering dirasakan penderita diabetes yaitu poliria atau sering buang air kecil. Pada gejala ini penderita akan merasa selalu ingin buang air kecil kapanpun itu. Lalu ada polydipsia atau sering haus. Pada gejala ini penderita akan sering merasa haus seperti selalu dehidrasi. Dan polifagia atau banyak makan/mudah lapar. Pada gejala ini penderita akan sering merasa lapar dan mudah lapar walaupun sudah makan beberapa jam yang lalu. Selain itu, penderita juga akan merasakan penglihatannya yang mulai kabur, gerak anggota tubuh sedikit demi sedikit mulai terganggu, kesemutan pada tangan dan kaki, gatal-gatal pada anggota tubuh yang sangat menggangu, dan penurunan berat badan tanpa alasan jelas.

Ada berapa tipe penyakit diabetes?

⦁ Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 juga disebut insulin-dependent. Karna pada penderita ini sangat bergantung pada insulin yang memerlukan suntikan insulin setiap harinya. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada penderita di usia yang sangat muda walaupun kadang juga ditemukan di usia dewasa. Diabetes tipe 1 biasanya disebabkan oleh gangguan system kekebalan tubuh pasien yang mengakibatkan sel pankreas rusak.

⦁ Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 ini yang paling sering dijumpai yang biasanya terjadi paada usia 40 tahun ke atas. Tetapi bisa juga timbul diusia 20 tahun ke atas. Kemungkinan terjadinya diabetes tipe 2 yaitu sel-sel jaringan tubuh dan otot penderita tidak peka terhadap insulin sehingga gula tidak bisa masuk ke dalam sel yang berakhir tertimbun dalam peredaran darah.

Apa saja penyebab penyakit diabetes?

⦁ Tidak melakukan cek gula darah secara teratur
⦁ Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidakn seimbang
⦁ Mengonsumsi makanan dan minuman dengan pemanis buatan
⦁ Mengonsumsi cemilan tidak sehat
⦁ Aktivitas kerja yang tidak seimbang

Bagaimana cara mengatasi penyakit diabetes?

⦁ Pemeriksaan kesehatan secara teratur ke dokter atau klinik
⦁ Menjalani pengobatan secara intensif
⦁ Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga
⦁ Memperbaiki pola hidup yang sehat
⦁ Dukungan masyarakat terutama orang sekitar

Sabrina Ananda Salsabila
Prodi Keperawatan Universitas Binawan