Keterlambatan Menstruasi pada Remaja dan Cara Mencegahnya

DEPOKPOS – Pada umumnya siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Namun, biasanya siklus menstruasi wanita berlangsung selama 21 hingga 35 hari dari hari terakhir menstruasi hingga awal periode berikutnya. Bagi sebagian wanita, telat datang bulan merupakan tanda awal kehamilan, namun nyatanya, telat hamil bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Memang tidak bisa dianggap lumrah, justru ketidakseimbangan hormon bisa memicu penyakit tertentu. Hal ini menyebabkan seorang wanita melewatkan menstruasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita terlambat haid.

Bacaan Lainnya

⦁ Stres
Stres bisa menjadi alasan wanita terlambat haid. Stres dapat memengaruhi produksi hormon gonadotropin dan fungsi hipotalamus. Hipotalamus adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi. Ini mengganggu siklus menstruasi Anda.

Kegemukan atau kekurangan berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menjadi alasan wanita terlambat haid. Obesitas dapat menyebabkan perubahan hormonal pada wanita.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan berat badan atau underweight, hal itu dapat memengaruhi fungsi tubuh. Hal ini menyebabkan ovulasi berhenti, menyebabkan menstruasi wanita tertunda.

⦁ Faktor Gaya Hidup
Faktor lain yang dapat menyebabkan gangguan menstruasi adalah faktor gaya hidup, salah satunya merokok. Diketahui bahwa merokok merupakan kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Kedua hormon ini berperan dalam siklus menstruasi wanita.

⦁ Penyakit tertentu
Terlambat haid bisa disebabkan oleh penyakit wanita tertentu. Beberapa penyakit dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyakit tiroid, dan penyakit kronis.

⦁ Ibu menyusui
Haid yang hilang juga bisa disebabkan saat menyusui. Karena pada masa menyusui produksi hormon prolaktin meningkat sehingga dapat mempengaruhi aktivitas hormon lain yaitu estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait