Cara Mengatasi Nyeri Haid

DEPOKPOS – Haid ataupun menstruasi merupakan pengeluaran darah serta sel sel badan dari Miss V yang berasal dari bilik rahim wanita secara periodik. Defenisi lain dapat pula dimaksud sebagai siklus natural yang terjalin secara regular buat mempersiapkan badan wanita tiap bulannya. Rata – rata masa haid wanita 3 – 8 hari dengan siklus rata – rata 28 hari pada tiap bulannya, serta batasan optimal masa haid merupakan 15 hari. Sepanjang darah yang keluar belum melewati batasan tersebut, sehingga darah yang keluar merupakan darah haid.

Nyeri haid ataupun Dismenorea adalah nyeri pada daerah perut bagian bawah sampai kepanggul, dikala haid yang disebabkan oleh produksi zat kimia yang bernama prostaglandin yang dinyatakan bisa meningkatkan nyeri haid. Penyebab nyeri berasal dari otot rahim, seperti semua otot yang ada, otot rahim dapat berkontraksi serta relaksasi. Dikala menstruasi, kebanyakan wanita alami kram dibagian perut bawah dan diiringi dengan nyeri dan biasa juga disebut dengan dismenorea (nyeri haid). Dismenorea merupakan ketidakseimbangan hormon progesterone dalam darah sehingga mengakibatkan rasa nyeri muncul.

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Gejala dismenorea yaitu kram di bagian dasar perut yang umumnya menyebar ke bagian belakang, terus ke kaki, pangkal paha dan vulva (bagian luar alat kelamin perempuan), rasa sakit datang secara tidak tertata, biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama haid, menggapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan sesudah 2 hari akan menghilang, tanda- tanda tingkah laku seperti kegelisahan, tekanan mental, sensitif, lekas marah, gangguan tidur, keletihan, lemah, mengidam makanan serta kadang- kadang pergantian suasana hati yang sangat cepat, keluhan fisik semacam payudara terasa sakit atau membesar, perut kembung ataupun sakit, sakit kepala, sakit sendi, sakit punggung, mual, muntah, diare ataupun wasir, dan masalah kulit seperti jerawat.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Kompres Hangat

Dari hasil yang didapatkan bahwasanya kompres hangat sangat mempengaruhi terhadap penyusutan tingkatan nyeri dismenorea. Menurut pengamat kompres hangat merupakan sesuatu tata cara dalam pemakaian temperatur hangat setempat yang bisa memunculkan dampak fisiologis. Kompres hangat bisa digunakan pada penyembuhan nyeri serta merelaksasikan otot- otot yang tegang. Kompres hangat dicoba dengan botol yang diisi air hangat dengan temperatur 37 – 40 derajat secara konduksi dimana terjalin pemindahan panas dari botol ke perut sehinga perut yang dikompres jadi hangat. Rasa hangat di bagian perut bisa meningkatnya relaksasi psikologis serta rasa aman, sehingga dengan terdapatnya rasa aman bisa merendahkan reaksi terhadap nyeri yang
semula dialami.

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Kunyit Asam

Pemberian kunyit asam mempengaruhi secara signifikan terhadap penyusutan keseriusan nyeri haid. Konsumsi kunyit asam bisa kurangi rasa nyeri tersebut, sebab minuman herbal tersebut bisa memicu pembuatan endorphin serta serotonin, sehingga rasa nyeri hendak menurun. Guna dari bahan aktif yang ada dalam kunyit salah satunya merupakan analgetika, yang mana bisa membagikan rasa tenang ataupun kurangi tekanan psikis pada anak muda dengan nyari haid (dismenorea). Isi curcumine pada kunyit serta anthocyanin pada asam jawa hendak menghalangi reaksi cyclooxygenase (COX) sehingga mengurangi terbentuknya inflamasi sehingga kurangi kontraksi uterus yang menimbulkan nyeri haid.

Obat – Obatan

Guna melenyapkan rasa sakit yang diakibatkan oleh dismenore bisa dicoba dengan memakai obat – obat kalangan analgetik semacam aspirin, asam mefenamat, parasetamol, kofein, serta feminax, obat- obat merk dagang yang tersebar di pasaran antara lain novalgin, bunda profen, serta ponstan.

BACA JUGA:  Pentingnya Peran Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Metode Pijat

Akupresur merupakan metode pijat bersumber pada ilmu akupuntur ataupun bisa pula disebut akupunktur tanpa jarum. akupresur merupakan ilmu pengobatan dengan metode melakukan pijat pada titik- titik tertentu, ilmu ini berasal dari Tionghoa yang telah terdapat semenjak lebih dari 500 tahun yang lalu. Metode dasar akupresur yakni dengan berikan tekanan konstan dan kuat sepanjang 30 sampai 90 detik, termasuk juga berikan pemijatan dengan gerakan memutar sepanjang periode waktu yang sama. Metode akupresur moderen memakai tata cara ketuk 2 jari terhadap titik tekan yang sama di tubuh guna menangani permasalahan emosional. Memakai jari tengah serta telunjuk, titik tersebut wajib diketuk dengan kokoh 10- 20 kali.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait