Batu Ginjal: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

DEPOKPOS – Batu ginjal adalah suatu kondisi yang ditandai dengan terbentuknya kristal dan garam mineral yang menyebabkannya mengeras atau terlihat seperti batu di dalam ginjal. Kondisi ini, juga dikenal sebagai renal lithiasis atau nefrolitiasis, dapat disebabkan oleh banyak hal dan dapat memengaruhi ginjal dan kandung kemih. Batu ginjal, juga dikenal sebagai kandung kemih (kencing batu), dapat terjadi pada salah satu atau keduanya .

Risiko batu ginjal paling tinggi pada orang berusia antara 30 dan 60 tahun. Penyakit batu ginjal secara medis dikenal sebagai nefrolitiasis dan jika menyebabkan rasa sakit juga dikenal sebagai kolik ginjal. Batu biasanya terbentuk ketika kandungan mineral dalam urine (air kencing) terlalu tinggi sehingga menyebabkan mineral mengkristal dan terlihat seperti batu. Saat batu ginjal terbentuk, buang air kecil bisa menjadi sulit dan menyakitkan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Digital Detox, Menjaga Kesehatan mental di Era Digital

Tanda dan gejala batu ginjal

Batu ginjal dengan adanya sifat asimptomatik atau tanpa gejala. Tanda dan gejala batu ginjal baru terasa saat batu mulai bergerak melalui saluran kemih, biasanya ke dalam ureter (tabung yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih).

Gejala pertama muncul bila batu cukup besar sehingga menyumbat saluran kemih, seperti tersumbatnya ureter atau uretra (saluran yang membawa urin keluar dari tubuh).

BACA JUGA:  Manfaat Beras Organik pada Tingkat Konsumsi Baru Masyarakat

Gejala utama

⦁ Nyeri pinggang atau nyeri perut bagian bawah
Nyeri pinggang atau nyeri perut bagian bawah Rasa sakitnya dapat berupa nyeri kolik(kram) dan bisa sangat menyiksa (serangan rasa nyeri hebat yang datang tiba-tiba, berlangsung sesaat, lalu tiba-tiba hilang dan muncul kembali). Nyeri perut dapat disertai dengan muntah atau mual, perut kembung, dan disfungsi usus. Nyeri kram terjadi pada 89% kasus batu ginjal. Selain itu, rasa sakit, terbakar, yang berkelanjutan di pinggang bawah dapat terjadi selama beberapa minggu.

BACA JUGA:  Konsumsi Cabai Ternyata Dapat Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Rasa sakit akibat batu ginjal dapat bervariasi karena batu dapat menekan atau berlipat ganda.

⦁ Darah dalam urine
Darah dari ginjal dalam urine berwarna coklat tua. Pendarahan dapat terjadi dengan atau tanpa nyeri perut(kram).

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait