Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan pada Masyarakat

DEPOKPOS – Kesehatan lingkungan merupakan cabang dari ilmu kesehata masyarakat yang mencakup dari semua aspek alam dan lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia.

Kesehatan lingkungan berfokus pada kealami dan penciptaan lingkungan yang memberikan keuntungan pada manusia.

Menurut organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) mendefinisikan kesehatan lingkungan sebagai aspek aspek kesehatan manusia dan penyakit yang ditentukan oleh faktor faktor lingkungan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh perlu di perhatikan bahwa seseorang juga harus menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Mulai dari udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup sesorang.

Lingkungan sehat akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Faktor faktor yang memengaruhi masalah kesehatan tersebut di antaranya adalah pencemaran udara, air, dam tanah. Tubuh yang sehat bisa di dapatkan dari berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya.

Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang menghawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.

Dan kesehatan lingkungan sangat penting untuk dijaga bersama dan harus ada kesadaran dari tiap masyarakat dari semua kalangan betapa penting dan berharganya kesehatan lingkungan.

Masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan lingkungan. Pelayanan tersebut merupakan bagian dari jenis layanan kesehatan untuk masyarakat.

Pelayanan kesehatan lingkungan adalah kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditunjukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, baik dari aspek fisik, kimia, biologi, maupun sosial guna mencegah penyakit atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor risiko lingkungan.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Pada dasarnya, upaya pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok serta masyarakat.

Ada 4 faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan secara berturut turut, yaitu :

1. Gaya hidup sehat (health life style)
2. Lingkungan yang sehat (sosial, ekonomi, politik, dan budaya)
3. Pelayanan kesehatan
4. Faktor genetic (keturunan)

Tujuan umum pelayanan kesehatan lingkungan adalah untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat dan mencegah penyakit atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan serta dalam rangka mendukung pencapaian standar pelayanan dalam bidang kesehatan. Dan salah satru masalah lingkungan terbesar saat ini adalah polusi udara.

Dan Adapun contoh lingkungan yang bersih yaitu dari udara bersih, segar, terasa sejuk dan tidak berbau. Juga terdapat saluran air yang bersih dan lancer. Dan terdapat berbagai tumbuhan hijau yang terpelihara dan tertata rapi.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Kebiasaan hidup sehat dilakukan dalam berbagai cara seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah dan halaman secara rutin, membersihkan kamar mandi dan bak mandi secara rutin dan lain lain.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan akan memerlukan lingkungan yang bersih. Mulai dari menyapu halaman rumah, membersihkan selokan secara bergotong royong, menanam tanaman dan pohon sekitar rumah, dan membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut akan membuat seseorang menjadi hidup lebih sehat, aman, nyaman, dan tentram.

Dimas Tri Putra
Mahasiswa program studi keperawatan Universitas Binawan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait