Health  

Alopecia Areata: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

DEPOKPOSAlopecia areata adalah kebotakan atau kerontokan rambut yang dapat disebabkan oleh penyakit autoimun. Yaitu kondisi yang dimana kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat pada tubuh sendiri. Pada alopecia areata memiliki imun menyerang folikel rambut yang berperan sebagai penting tempat tumbuhnya rambut. Kulit kepala yang botak dengan bentuk pitak adalah salah satu dari penyakit yang terjadi di kulit kepala.

Selain yang disebabkan terbentuknya botak pitak pada kulit kepala, ada juga folikel rambut yang dapat menyebabkan ada dikepala, wajah, atau tumbuh yang semakin dapat memproduksi pada rambut. Awal yang menyebabkan kobotakan adalah sampo atau stress.

Terdapat tiga jenis utama penyakit alopecia areata yaitu :

⦁ Alopecia areata terdapat satu atau lebih rambut yang rontok pada kulit kepala
⦁ Alopecia areata totalis pada kerontokan total rambut dibagian kepala
⦁ Alopecia areata universalis yang berarti rambut rontok total diseluruh tubuh.

Dalam berbagai jenis penyakit alopecia areata maka rambut harus tetap hidup dan juga tetap memproduksi rambut secara normal. Namun berbagai kerontokan juga dapat mengurangi kepercayaan diri bahkan kesehatan dan penderitaan. Maka dari itu harus memerlukan pemahaman penyakit ini agar dapat mengatasinya dengan cepat.

BACA JUGA:  Usia Terlalu Muda atau Terlalu Tua Salah Satu Penyebab Risiko Kehamilan Tinggi

Gejala Alopecia Areata

Gejala pada penyakit alopecia areata pada umum nya dapat menonjolkan area kebotakan rambut pada kulit kepala yang seukuran pada koin. Kondisi ini dapat menyebabkan bagian tubuh seperti, dikulit kepala, alis, bulu mata, bulu hidung, ketiak, kemaluan, kumis, dan janggut.

Kebotakan atau kerontokan pada penyakit alopecia areata tanda utama adalah tidak disertai dengan adanya rasa sakit. Kerontakan ini dapat secara tiba-tiba, selain itu, pasien yang bisa merasakan gatal pada area bagian kulit kepala sebelum terjadi kerontokan.

Selain itu, ada beberapa tanda lain yang bisa terjadi pada seseorang mengalami alopecia areata yaitu:

⦁ Kebotakan berpola bulat atau seperti pitak yang berbagai muncul di berbagai tempat yang ditumbuhi rambut itu juga bersifat sementara tapi dapat juga permanen.
⦁ Kebotakan terjadi di bagian bawah atau melingkar belakang kepala.
⦁ Kebotakan juga dapat menyertai sensi rasa terbakar atau gatal pada kulit kepala.
⦁ Gangguan pada kuku jari tangan dan jari kaki, berupa kuku berupa bentuk garis putih dengan permukaan yang kasar atau terbelah.

BACA JUGA:  Kenali Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Penyebab Alopecia Areata

Ketika terjadi pada pertumbuhan rambut akan menyusut dan melambat, serta akan mengalami kerontokan yang sering kali dapat berbentuk gumpalan-gumpalan. Para pakar meyakini penyebab penyakit alopecia areata dalam masalah genetic dan dipincu factor pada lingkungan. Namun ada juga beberapa orang stress dan meyangkut kecemasan yang berlebihan sebagai penyebab awal mula kerontokan dan kebotakan.

Masalah kesehatan tertentu cenderung lebih banyak terkena alopecia areata yaitu:

⦁ Dermatitis otopik peradangan kulit
⦁ Sindrom down
⦁ Penyakit tiroid
⦁ Vitiligo penyakit berupa brcak putih dikulit
⦁ Anemia pernisosi kurang darah karena tubuh tak bisa menyerang vitamin B secara memadai

Mengobati pada penyakit Alopecia Areata

Penyakit alopecia areata tak bisa disembuhkan dalam berdasarkan temuan klinis yang melakukan pemeriksaan fisik dan mengecek riwayat kesehatan pada pasien. Pada saat ini, pengobatan yang cocok pada penyakit ini belum sama sekali ditemukan. Dapat yang diberikan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan pada rambut agar kembali mudah dengan cepat pada kuit rambut.

BACA JUGA:  Usia Terlalu Muda atau Terlalu Tua Salah Satu Penyebab Risiko Kehamilan Tinggi

Bentuk penyakit alopecia areata yang berkonteraksi pada obat yang menekan system antiflamasi dapat menebalkan system tubuh. Pengobatan yang diberikan melalui suntik local, salep, atau obat minum.

Dalam opsi penanganan yang oleh perawat pada pasien memperlambat progress kerontokan rambut dan membantu mempercepat pertumbuhan kembali rambut. Penganan alopecia areata berupa mengurangi ketidaknyamaan pada penyakit ini.

Adapun obat yang dilakukan pada penyakit ini diresepkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekebalan pada kulit kepala.

Faktor risiko Alopecia Areata

Walaupun banyak yang belum diketahui penyebab, ada beberapa factor dan kondisi yang bisa meningkatkan resiko pada seseorang terkena penyakit alopecia areata yaitu: