Amalan yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang dianjurkan oleh setiap muslim di seluruh dunia. Puasa merupakan rukun islam yang ketiga setelah ibadah sholat. Puasa adalah suatu ibadah dalam bentuk menahan lapar dan haus dari masuknya waktu subuh hingga tenggelamnya matahari atau waktu maghrib. Dalam konteks ini, puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi menahan hawa nafsu dan fokus beribadah untuk Allah.

Jenis-jenis puasa dalam islam, yakni ada puasa wajib dan puasa sunnnah. Puasa wajib diantaranya adalah puasa di bulan Ramadhan, biasanya puasa ini dilakukan selama satu tahun sekali dan selama 30 hari. Yang kedua, puasa sunnah adalah puasa yang disunnahkan dan diajarkan oleh Nabi Muhmmad saw., diantaranya puasa senin-kamis, puasa daud, puasa yaumil bidl, puasa arafah atau 9 dzulhijah, puasa syawal, dan lain-lain.

Hal-hal yang membatalkan puasa, yaitu memasukkan air kedalam hidung dengan sengaja, saat haid dan nifas, muntah dengan sengaja, memasukkan sesuatu kedalam mulut seperti makan dan minum, murtad atau keluar dari islam, merokok, gila, dan sebagainya.

Amalan yang bisa dilakukan saat beribadah:

⦁ Sholat lima waktu

Ibadah yang satu ini tidak kalah penting dengan puasa, karena sholat merupakan salah satu ibadah yang akan dihisap pertama kali. Jadi kita tidak boleh meninggalkan sholat, apalagi sholat lima waktu yang diwajibkan oleh Allah.

⦁ Perbanyak dzikir

Zikir merupakan ibadah yang sukai oleh Allah, maka dari itu dengan memperbanyak zikir, Allah semakin sayang dan dekat dengan hamba-Nya. Karena dengan berdzikir manusia akan senantiasa mengingat Allah swt.

⦁ Tadarus Al-Qur’an

Al-Qur’an akan memberikan kita syafaat di akhirat, maka dari itu dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an sebanyak yang kita bisa dan kita melakukan itu semata-mata hanya untuk Allah swt. Membaca Al-qur’an disini juga bisa dengan mentadaburi kandungan yang ada didalamnya.

⦁ Bersedekah atau berinfaq

Bersedekah merupakan hal yang disukai oleh Rasulullah, karena bersedekah adalah bukti tanda bahwa kita orang yang bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah. Berinfaq atau bersedekah bisa dilakukan kapan saja, dari mulai berinfaq untuk masjid dan memberi makan anak yatim.

⦁ Membantu orang yang sedang kesulitan

Membantu orang adalah suatu amalan kebaikan yang akan dibalas oleh Allah. Karena memudahkan saudaranya sendiri merupakan hal yang disukai Allah. Seperti ketika ada bencana, kita memberi sedikit bantuan bisa berupa uang ataupun benda yang dibutuhkan.

Dari hal-hal diatas kita bisa mengetahui bahwa ibadah puasa ini sangat disukai oleh Allah, karena manusia melakukannya dengan sepenuh hati dan mengharapkan ridha Allah. Demikian yang sudah saya sampaikan bisa menambah wawasan untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Oleh: Azizah Aulia