Ikutan Bazar tapi Sepi Pengunjung? Yuk, Intip Tips Bisnis Bazar yang Dikunjungi Ribuan Pengunjung!

DEPOK POS – Sebagai pemilik bisnis, tentunya strategi pemasaran adalah salah satu kunci dari keberhasilan menjalankan bisnis. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti berbagai macam event seperti bazar. Berikut beberapa tips sukses yang dapat diaplikasikan supaya booth diminati pengunjung. Tips-tips tersebut berdasarkan pengalaman City Business Development & Marketing Manager Pinhome, Luqman Praditio.

1. Pemilihan Event

Langkah pertama dalam menentukan kesuksesan booth di bazar adalah dengan memilah dengan baik event yang sesuai dengan bisnis yang dijalani. Ada beberapa pilihan jenis event yang bisa ditemukan seperti food festival, ulang tahun kota atau kabupaten, festival musik, fashion fair, housing fair, dan masih banyak lagi. Pilihlah tema event yang sesuai dengan bisnis yang dimiliki supaya menyesuaikan jenis pengunjung yang akan datang ke acara tersebut. Hal penting lainnya adalah dengan memilih event ternama yang diproyeksikan atau diprediksi akan mendatangkan banyak pengunjung.

2. Lokasi Menentukan Banyaknya Pengunjung Booth

Pada umumnya penyelenggara event akan menyediakan pilihan booth untuk tenan yang ikut serta pada event-nya. Pilihlah booth yang strategis dan mudah dijangkau oleh pengunjung. Salah satu contoh lokasi booth yang strategis adalah dekat dengan pintu masuk, tidak berada di jalur yang sempit, dan dekat dengan panggung utama. Pastikan pengunjung bisa melihat booth dari awal tiba di lokasi. Hindari memilih booth yang berada di ujung atau dekat pintu keluar untuk mengantisipasi pengunjung yang sudah jenuh dan ingin segera meninggalkan lokasi acara.

BACA JUGA:   Mengenal Dampak Krisis Global Terhadap Stunting serta Optimalisasi 1000 HPK sebagai Kunci Menuju Indonesia Bebas Stunting untuk Generasi Emas 2045

3. Desain Booth Unik

Tentunya desain booth bisnis akan sangat menentukan apakah pengunjung tertarik atau tidak untuk mampir. Desain booth bisnis semenarik mungkin supaya menarik perhatian pengunjung. Namun, yang lebih penting daripada sekadar terlihat mencolok adalah tampil sesuai jati diri brand perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, segala hal yang berkaitan dengan desain dan tampilan stand diatur dan dibuat sedemikian rupa agar tetap selaras dan serasi sesuai identitas dari brand perusahaan. Mulai dari warna, logo, font tulisan, hingga berbagai ornamen lainnya.

4. Sumber Daya Manusia yang Ramah dan Komunikatif

Untuk mengajak serta menyambut pengunjung yang datang, persiapkan sumber daya manusia yang mumpuni sebagai representatif bisnis yang dijalankan. Pemilik brand dapat memilih untuk menggunakan jasa sales promotion girl/guy (SPG) untuk membantu meningkatkan engagement bisnis dengan pengunjung. Pastikan mereka paham betul nilai bisnis yang dipromosikan untuk disampaikan ke pengunjung booth. Untuk menambah daya tarik SPG, pemilik bisnis dapat mempersiapkan seragam yang unik supaya mudah dikenali dan menambah keseruan acara.

BACA JUGA:   Bagaimana Pengaruh Kepribadian Audiens terhadap Penyampaian Pesan Bisnis

5. Berikan Promosi Menarik Khusus Pengunjung

Pemberian program promosi bagi pengunjung akan meningkatkan ketertarikan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Contoh mudah untuk menarik pengunjung yang telah dilakukan oleh Pinhome adalah dengan memberikan layanan free express massage dan kudapan gratis khusus pengunjung yang mengunduh Aplikasi Pinhome.

Kiat ini efektif untuk mengajak pengunjung di event Trademark yang telah diadakan di Kota Bandung pada tanggal 7-10 Juli 2022 untuk datang ke booth Pinhome. Dilansir pada saat event berlangsung, salah satu pengunjung menyampaikan aspirasinya, “Baru tahu ada layanan bebersih dan pijat kaya gini, sangat membantu aku sebagai ibu rumah tangga yang sibuk ya. Sukses terus untuk Pinhome,” ujar Dewi. Selain itu, bentuk promosi lain yang dapat diberikan adalah berupa kode voucher khusus untuk pengunjung booth guna mengajak pengunjung untuk mencoba produk atau layanan yang tersedia. Contohnya, Pinhome memberikan kode voucher seperti PHSTDMARK saat booth activation di acara Trademark.

BACA JUGA:   Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

Tips di atas adalah strategi yang telah dilakukan oleh Pinhome pada setiap pelaksanaan event bazar dalam upaya memperkenalkan brand Pinhome ke masyarakat. Dengan melaksanakan tips di atas, diharapkan pemilik bisnis dapat meraih minat pengunjung untuk datang ke booth.

Ditemui di acara Trademark Bandung, Luqman menyampaikan dengan melaksanakan strategi tersebut, booth Pinhome Home Service (PHS) di acara Trademark menjadi salah satu activation PHS di Kota Bandung yang sukses mendapatkan antusiasme tertinggi oleh pengunjung.

“Acara PHS di Trademark ini merupakan salah satu booth activation PHS Bandung yang paling ramai dan sukses. Senang sekali bisa buka booth di Trademark. Diharapkan semua warga kota Bandung bisa mencoba layanan Pinhome Home Service (PHS), karena layanan PHS sangat membantu kita untuk keperluan rumah tangga dan semoga juga kita bisa mereplikasi kesuksesan dari booth activation PHS di Trademark ke acara-acara Pinhome selanjutnya yaaa. Amin! Sukses terus untuk Pinhome!”.

Pos terkait