Pembelajaran Efektif Guru dan Siswa

Pembelajaran Efektif Guru dan Siswa

Faktor yang menentukan suatu keberhasilan

DEPOK POS – Pembelajaran efektif merupakan faktor yang menentukan suatu keberhasilan dalam media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang nyaman tetapi tetap efektif. Pembelajaran yang efektif itu menurut Kyriacou (2009) mencakup dua hal pokok, yaitu waktu belajar aktif ‘active learning time’ dan kualitas pembelajaran ‘quality of instruction’. Hal yang pertama berkenaan dengan jumlah waktu yang dicurahkan oleh siswa selama dalam pelajaran berlangsung.
Pengertian pembelajaran secara umum adalah interaksi antara dua orang yang memberi materi dengan yang menerima materi, atau di istilahkan guru dengan siswa. Dan pembelajaran pun mempunyai arti dua konsep yang tidak bisa dipisahkan yaitu :
⦁ Belajar adalah yang dilakukan oleh seseorang sebagai subjek untuk menerima pelajaran.
⦁ Mengajar adalah yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan materi pelajaran.
Dalam pembelajaran kita harus mempunyai suatu tujuan, dengan adanya tujuan kita akan termotivasi dan akan mendorong kita untuk berusaha lebih giat lagi dalam mencapai tujuan tersebut.

BACA JUGA:   Jadi Saksi Bisu Sejarah, Begini Kondisi Rumah 7 Jenderal Korban G 30S PKI

Tujuan pembelajaran secara efektif adalah:

⦁ Untuk memahami konsep belajar dan keterampilan
⦁ Untuk mendapat pengetahuan
⦁ Pembentukan sikap
Belajar bukanlah suatu hal yang membuat kita tertekan akan tetapi lakukanlah pembelajaran dengan suka cita dan dengan hati ikhlas.

Apa saja sih tips belajar yang efektif?

Apa saja sih Tips Belajar yang Efektif?

⦁ Belajar di tempat yang anda sukai.

Entah di keramaian atau menyendiri di suatu tempat, itu kembali lagi kepada kepribadian anda bisa ditempat ramai atau sepi.

BACA JUGA:   Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

⦁ Menjadikan pembelajaran sebagai target anda.

Ketika anda ingin mencapai target itu, maka anda harus belajar dengan giat dan ketika anda sudah mendapatkan target itu berikan apresiasi kepada diri sendiri sebagai hadiah bahwa anda bisa melewati proses tersebut.

⦁ Menjadikan belajar sebagai suatu kebutuhan.

Kebutuhan merupakan salah satu hal yang membuat kita untuk bertahan hidup. Oleh karena itu jadikan belajar sebagai kebutuhan agar kita bisa melakukan nya secara sungguh-sungguh dan lebih optimal.

⦁ Meringkas pokok pembelajaran.

Dengan membuat ringkasan kita akan mencatat hal-hal yang penting dan itu yang membuat kita menjadi ingat dengan isi materi yang telah disampaikan.

BACA JUGA:   Bagaimana Pengaruh Kepribadian Audiens terhadap Penyampaian Pesan Bisnis

⦁ Berikan jeda dalam belajar.

Kita boleh ambis dalam suatu pembelajaran akan tetapi jangan sampai kita menjadi terpaksa untuk belajar. Karena hal tersebut akan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif.
Dari kesimpulan artikel diatas adalah jadikanlah pembelajaran sebagai suatu kebutuhan dan target utama. Lakukanlah pembelajaran dengan senang hati dan tidak dengan paksaan. Terciptanya pembelajaran yang efektif adalah oleh diri sendiri maka dari itu ubahlah diri anda agar menjadi orang yang lebih bermanfaat dan berguna. [Dinda Putri Ashya]

Pos terkait