Belajar Bahasa Inggris dari Hobi

Belajar Bahasa Inggris dari Hobi

DEPOK POS – Seperti yang kita tahu bahwa Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib dipelajari. Karena bahasa tersebut merupakan bahasa universal yang artinya umum digunakan di seluruh dunia. Artinya dengan mempelajari Bahasa Inggris kita bisa membuat pertemanan dengan orang di luar negara kita. Dengan itu kita lebih mudah berkomunikasi dan tidak takut terjadinya salah paham antara kedua belah pihak dalam berkomunikasi.

Bukan hanya itu saja, di zaman sekarang banyak perusahaan yang mengharuskan pandai dalam berbahasa inggris. Hasil survei ‘Kecakapan Berbahasa Inggris dan Posisi Indonesia dalam Tenaga Kerja Global’ menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi berbahasa Inggris dianggap penting oleh 96% perusahaan di Indonesia. Hal tersebut memiliki banyak faktor yang mewajibkan karyawannya pandai dalam berbahasa inggris. Salah satu contohnya yaitu saat menghadapi klien yang berasal dari negara lain dan umumnya mereka akan menggunakan bahasa inggris sebagai media komunikasi. Juga saat kita ingin mengembangkan bisnis kita ke tingkat Internasional maka suatu kewajiban bagi kita untuk mempelajari dan menguasai bahasa inggris.

Seringkali orang orang menganggap bahwa belajar bahasa inggris sangat sulit. Ada berbagai faktor yang menjadi alasan mengapa bahasa inggris itu sulit. Contohnya seperti banyak kata kata yang kedengarannya sama tetapi artinya berbeda, ada kata yang pengucapannya terlalu susah dan bahkan urutan dalam kalimatnya yang membuat bingung. Beberapa faktor tersebut merupakan alasan yang menyatakan bahwa bahasa inggris itu sulit.

Tetapi bahasa inggris juga bisa menjadi sangat menyenangkan jika dilakukan dengan sukarela. Gimana caranya? Tentunya kamu harus gabungin bahasa inggris sama hobi kamu. Contohnya saat kamu bermain game, nah game yang kamu mainkan itu bisa jadi perantara antara kamu dan orang dari negara lain. Pastinya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah perkenalan diri. Tidak mungkin dong kita memperkenalkan diri menggunakan bahasa negara sendiri, maka kamu harus mencari cara untuk berkomunikasi dengan orang tersebut dengan cara mencari bahasa yang umum dipakai oleh orang orang di game tersebut yaitu bahasa inggris.

Pada mulanya kamu akan mencari cara berkenalan dengan bahasa inggris dan mulai menerjemahkan apa yang dikatakan oleh orang tersebut. Disana kamu mulai mengerti apa yang dikatakan oleh orang orang tersebut dan kamu secara tidak langsung juga belajar cara pengucapannya. Semakin lama kamu berteman dengan mereka maka kamu juga semakin banyak belajar bahasa inggris hingga akhirnya kamu pun sudah bisa berbahasa inggris.

Bukan hanya game loh, hobi lainnya juga bisa belajar bahasa inggris seperti membaca. Misalnya kamu sangat suka membaca baik itu novel, komik maupun buku yang kamu suka. Pada awalnya mulailah dengan mencari referensi bacaan berbahasa inggris. Lalu kamu akan mulai penasaran dengan kata kata yang didalamnya karena kamu tidak mengerti apa isi dari bacaan tersebut. Kamu pun mulai membuka internet atau buku penerjemah untuk menerjemahkan kata tersebut. Semakin banyak yang kamu baca, maka akan semakin banyak juga kata yang kamu ketahui artinya. Lama kelamaan kamu akan semakin paham dan mungkin kamu tidak memerlukan lagi internet atau buku penerjemah untuk menerjemahkan kata yang ada didalamnya karena kamu sudah mengetahui isi bacaan tersebut.

Begitu juga dengan kamu yang hobi memiliki mendengarkan musik. Cobalah sesekali kamu mendengarkan lagu yang berbahasa inggris. Lalu cari arti dari lagu tersebut dan terjemahkan kata yang ada didalamnya. Dengan demikian kamu bisa melakukan hobi kamu sekaligus belajar bahasa inggris. Intinya hobi yang kita miliki mungkin bisa membuat kita belajar sesuatu yang berguna untuk diri kita sendiri contohnya yaitu belajar bahasa inggris.

Tadi kita sudah membahas bahwa belajar bahasa inggris itu bisa menyenangkan jika kita gabung dengan hobi yang dimiliki. Lalu apakah pembelajaran bahasa inggris dari sekolah tidak diperlukan atau pembelajaran bahasa inggris di sekolah tidak efektif. Tentunya tidak, karena masing masing metode punya tingkat efektifnya masing masing. Jadi kita tidak bisa membandingkannya, dan semua itu juga tergantung pada individunya.

Ada beberapa orang yang mungkin beranggapan bahwa belajar bahasa inggris di sekolah itu tidak atau belum efektif. Dan juga ada yang berpendapat bahwa belajar dari hobi hanya membuang waktu karena waktunya lebih banyak dilakukan untuk hobinya. Dua pandangan tersebut yang menyebabkan adanya petentangan diantara dua metode tersebut. Dikatakan bahwa bahasa inggris di sekolah belum efektif dikarenakan sedikitnya praktek yang dilakukan misalnya percakapan menggunakan bahasa inggris karena hal tersebutlah yang harus dilatih terus menerus. Alasan tersebut akhirnya membuat peserta didik hanya mengandalkan materi yang diberikan oleh guru disekolah sehingga pengetahuannya tentang bahasa inggris tidak bisa berkembang. Namun itu bukan mengartikan bahwa belajar bahasa inggris disekolah tidak efektif dikarenakan disekolah kita juga diajarkan materi materi yang belum tentu ada di saat kita belajar bahasa inggris dari hobi misalnya past tense, noun phrase dan lainnya.

Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa metode metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi kita tidak perlu membandingkan mana yang lebih efektif atau mana yang lebih baik. Yang paling penting adalah kita mau terus belajar dan berusaha, karena yang paling penting itu adalah usaha yang kita lakukan. Tidak peduli sebagus apa metode belajarnya tetapi kita tidak mau berusaha maka semua itu akan sia sia. [Alfie Azhari Ifenta]