Menjaga Kesehatan Mata Gimana Sih?

Menjaga Kesehatan Mata Gimana Sih?

Fungsi mata dapat menurun

DEPOK POS – Mata merupakan salah satu indra tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mata dapat menyesuaikan diri dengan jarak dan cahaya ketika melihat objek. Fungsi mata dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pada orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun dapat mengalami gangguan saat melihat benda dengan jarak dekat. Selain itu mata juga dapat terjadi gangguan karena terdapat aktifitas yang diyakini dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, bagian tubuh yang satu ini tergolong penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan, beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif. Padahal, menjaga mata tetap sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan sehat hingga selalu mengenakan pelindung bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata

Berikut beberapa aktifitas yang dianggap penyebab masalah penglihatan:

Penyebab masalah penglihatan

Berikut beberapa aktifitas yang dianggap penyebab masalah penglihatan:

⦁ Beraktifitas didepan komputer setiap hari dapat merusak mata

Terlalu lama melihat layar bisa membuat mata lelah, kering, dan sakit kepala. Tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa dapat menyebabkan kerusakan permanen. Anda dapat melakukan terapi 20-20-20 yaitu setiap 20 menit alihkan mata dari layar, fokuslah pada benda yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

⦁ Film 3 dimensi memberikan dampak buruk bagi mata

Film 3 dimensi tidak dapat mengganggu penglihatan. Tanda dan gejala seperti sakit kepala atau pusing saat menonton atau bermain kemungkinan menandakan masalah.

⦁ Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak

Merokok ketika di usia muda dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak pada usia tua. Selain

⦁ katarak, rokok juga dapat memperburuk gejala kondisi mata lainnya.

Apakah dibutuhkan pemeriksaan mata secara berkala?

Pemeriksaan mata secara berkala

Pemeriksaan mata dibutuhkan setiap 1 sampai 2 tahun untuk melihat kesehatan mata dan mendeteksi jika ada masalah penglihatan.

Apakah normal jika penglihatan dibatasi dengan lingkaran putih atau hitam ketika melihat?
Adanya lingkaran hitam atau putih terkadang menandakan terjadinya masalah yang serius seperti katarak atau glaukoma. Namun pada kasus tertentu bukan merupakan masalah serius, hanya membutuhkan beberapa terapi pengobatan dari dokter.

Terdapat titik yang blur atau hilang pada titik tengah penglihatan juga bukanlah kondisi normal yang memerlukan konsultasi dengan dokter. Salah satu penyebab adalah degenerasi makula yang mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatan terutama pada orang lanjut usia.

Apakah fungsi menggunakan kaca mata hitam saat siang hari?

Cara menjaga mata

Apakah fungsi menggunakan kaca mata hitam saat siang hari?

Sinar matahari dapat memicu terjadinya masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula seiring bertambahnya usia. Melihat sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata. Menggunakan kaca mata yang mampu menghalangi sinar UVA dan UVB dapat membantu menjaga mata.

Bagaimana cara menjaga mata?

Penuaan dan genetik merupakan faktor resiko gangguan mata yang tidak dapat dikontrol. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang membutuhkan kaca mata untuk membantu penglihatan.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga mata seperti :

⦁ Mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang mengandung antioksidan bagus bagi kesehatan mata karena dapat membantu menurunkan resiko terjadinya katarak.
⦁ Tidak merokok. Seseorang yang merokok memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami katarak dan gangguan mata lainnya.
⦁ Menggunakan kaca mata penangkal sinar matahari ketika harus bekerja atau beraktifitas diluar ruangan
⦁ Melakukan olahraga secara rutin agar terhindar dari penyakit degenaratif seperti diabetes melitus dan tekanan darah tinggi.
⦁ Melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pemeriksaan mata secara berkala dapat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan mata karena factor keturunan atau komplikasi dari penyakit seperti tekanan darah tinggi atau diabetes mellitus.
⦁ Segera berkonsultasi dengan dokter jika terjadi perubahan pada penglihatan. Beberapa tanda terjadinya gangguan pada mata adalah seperti penglihatan ganda, penglihatan menjadi kabur, dan sulit melihat pada ruangan yang kurang cahaya. Tanda dan gejala lain seperti mata merah, sering berkedip, nyeri pada mata, dan bengkak.

Sebagai tips tambahan, cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Bila mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dengan air dingin. Jika kamu merasa seperti ada butiran pasir di mata, maka bilas dengan air bersih. [Muhammad Fixi Nurcahyadi]