Tips Menghafal Ala Mahasiswa

Menghafal merupakan salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar, metode belajar dengan cara menghafal ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena metode atau cara menghafal itu sendiri tergantung pada pribadi setiap orang. Menghafal adalah proses menempatkan informasi ke dalam ingatan (memori). Ada proses mengubah informasi menjadi kode dalam proses penyimpanan, ini disebut coding.
Dalam kehidupan seorang pelajar pasti ada kalanya waktu untuk menghafal entah itu menghafal pelajaran untuk ujian, test, atau kegiatan belajar sehari-hari. Namun sebenarnya, menghafal tidak selalu dilakukan oleh seorang pelajar bahkan dalam bekerja pun menghafal sesuatu juga diperlukan.
Menghafal juga bisa dikatakan sebagai bakat yang ada dalam diri setiap orang, ada sebagian orang yang menyadari dan memiliki bakat alami ini ada juga yang harus bekerja keras atau berusaha untuk dapat menghafal sesuatu, namu menghafal bukanlah kegiatan yang tidak mungkin dikerjakan.
Berikut adalah beberapa cara untuk memudahkan seseorang dalam menghafal:
Niat
Niat merupakah hal utama yang harus dilakukan setiap orang dalam melakukan semua kegiatannya, karena semua hal yang dilakukan tergantung pada niat yang kita tanamkan dalam diri kita, jika dalam diri kita adanya kesungguhan dan niat dalam menghafal maka dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa beban.
Baca berulang mininimal 20 kali
Membaca berulang kali kadang dianggap sebagai kegiatan yang menghabiskan waktu atau pekerjaan yang sia-sia dalam menghafal, padahal membaca atau mengulang informasi adalah cara cepat menghafal yang efektif. Padahal, mengulang informasi atau membaca secara berulang juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek.
Menghafal baris perbaris
Mengahafal secara baris perbaris juga dapat membantu dalam kegiatan menghafal, karena menghafal dengan cara ini orang menghafal sedikit demi sedikit hingga memudahkan dalam mengingat yang kita beca dengan lebih cepat.
Jangan gunakan sistem kebut semalam
Dalam belajar sistem kebut semalam dapat dikatakan merupakan cara yang kuno dan tidak efektif, karena biasanya belajar atau menghafal menggunakan sistem ini dapat mempuat otak bekerja lebih keras dan kaget untuk dapat menerima materi yang banyak hanya dalam waktu semalam, sehingga hal ini dapat menyebabkan seseorang dapat lebih mudah melupakan materi yang sudah dihafalkan.
Lebih baik jika masih memiliki banyak waktu, hindarilah belajar atau menghafal menggunakan sistem kebut semalam. Sebab, menghafal sesuatu dalam jangka waktu yang panjang, dipercaya lebih efektif dan lebih kuat hafalannya.
Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan hal yang dibutuhkan tubuh dalam melakukan kegiatan apapun, sekeras atau serajin apapun kita menghafal jika tidak dalam kondisi tubuh yang baik maka senua yang kita lakukan akan sia-sia. Dalam hal istirahat ini yang lebih diperhatikan adalah dalam hal tidur, tidur adalah hal penting untuk kesehatan otak. Jika dalam kondisi yang baik dan tidur yang cukup maka kita dapat mengingat segala informasi yang sudah dihafalkan sebelumnya.
Jangan fokus ke informasi yang mudah saja
Biasanya dalam menghafal seseorang cenderung mendahulukan menghafal meteri yang mudah dihafal saja, dibandingkan materi yang susah dan berbelit-belit. Padahal, menyisakan waktu lebih untuk mempelajari dan menghafal informasi yang sulit ini, bisa menjadi cara cepat menghafal yang efektif.
Menghafal meteri atau informasi yang susah juga dapat melatih otak untuk belajar bekerja keras dan mengenal kalimat atau materi yang susah, sehingga otak dapat terbiasa untuk menerima informasi atau materi yang sulit kedepannya.
Pilih tepat belajar atau menghafal yang tenang dan nyaman
Tempat atau lokasi belajar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena biasanya tempat dan kenyaman dari si penghafal dapat memudahkan dalam menghafal. Saat menghafal, fikiran membutuhkan konsentrasi dan fokus pada tingkat yang lebih tinggi. Dengan memilih tempat yang dapat terhindar dari berbagai macam gangguan dari lingkungan sekitar, maka kinsentrasi pun dapat meningkat sihingga kita dapat lebih cepat mencerna dan memasukan banyak informasi baru ke dalam ingatan.
Dari ketujun cara yang diatas merupakan cara mudah dan efektif dalam menghafal informasi atau materi apapun, namun sebenarnya dalam menghafal itu sendiri setiap orang pasti memiliki caranya sendiri.
Dalam menghafal pun kita tidak harus mengacu pada ketujuh cara yang ada diatas karena dalam hal belajar setiap orang punya kenyamanannya sendiri. Oleh karena itu kita harus bisa mengenali diri kita sendiri dan metode belajar dan mengahaf seperti apa yang paling cocok dengan kita, karena biasanya percuma kita mengikuti semua cara menghafal yang kita liat atau contoh dari orang lain sementara tubuh dan otak kita tidak dapat menerima motede tersebut.
Sebaiknya mulai sekarang dalam belajar atau menghafal kita hurus lebih mengenal seperti apa metode belajara yang paling cocok dengan kita sehingga dengan begitu kita bisa belajar dengan lebih mudah dan efektif. [Bunayya Nurul Izzah/STEI SEBI]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.