oleh

Berolahraga yang Benar Selama Pandemi

Oleh: Ruth Gracia, LSPR

Hadirnya COVID-19 saat ini membuat aktivitas di luar ruangan kian terbatas. Kini kebanyakan aktivitas pun dilakukan di rumah masing-masing. Sementara apabila terdapat keperluan mendesak untuk keluar rumah, pemerintah sangat menganjurkan untuk menggunakan masker. Namun, aktivitas olahraga tentu tetap harus dilakukan ya. Yakni dengan cara berolahraga yang benar selama pandemi.

Di era pandemi seperti ini, penggunaan masker memang sangat penting. Dengan menggunakan masker, seseorang dapat melindungi area pernapasan mereka agar tidak tertular virus. Pasalnya, disebutkan bahwa virus COVID-19 dapat menular melalui pernapasan bahkan percakapan dengan orang yang terpapar.

Namun, bagaimana penggunaan masker saat berolahraga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui seperti apa cara berolahraga yang benar selama pandemi di bawah ini.

Menggunakan masker sebagai upaya pencegahan pandemi selama beraktivitas di luar ruangan memang sangat penting untuk dilakukan. Akan tetapi, saat berolahraga hal tersebut tidak dianjurkan. Hal ini tak lain karena masker yang digunakan saat berolahraga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Lalu, bagaimana jika aktivitas olahraga dilakukan di luar rumah? Ada baiknya, Anda tetap memilih lokasi yang tidak ramai serta tetap menjaga jarak. Akan tetapi, tetap lebih baik jika Anda melakukan olahraga di rumah saja. Kemudian, untuk cara berolahraga yang benar selama pandemi sendiri sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Meski Anda melakukannya di dalam rumah, Anda masih tetap bisa membakar lemak serta menyehatkan tubuh sebagaimana olahraga yang dilakukan di luar rumah. Yakni bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga minimal 30 menit dalam setiap harinya.

Apa saja olahraga tersebut? Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan. Yang jelas seluruh olahraga tersebut dapat dilakukan di dalam ruangan dengan cukup efektif. Seperti yoga, senam aerobik, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin menambah olahraga ringan lainnya yang sangat mudah dilakukan, Anda bisa melakukan olahraga sederhana.

BACA JUGA:  Vaksin Covid-19 Sinovac: Apakah Aman?

Seperti naik turun tangga, berjalan-jalan di area rumah, berlari-lari kecil sekitaran rumah, dan lain sebagainya. Hal ini sama efektifnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh saat Anda melakukannya secara rutin.

Rekomendasi Olahraga Saat Pandemi Corona

Bagi Anda yang masih bingung mengenai cara berolahraga yang benar selama pandemic dan rekomendasi olahraganya maka jangan khawatir. Di bawah ini rekomendasi olahraga yang cukup aman, nyaman, dan efektif dilakuan di rumah selama pandemi COVID-19:

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu rekomendasi olahraga yang bisa Anda pilih. Olahraga ini memang cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Terlebih apabila Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh tentu sangat efektif bagi Anda untuk membuat tubuh berkeringat hingga membakar lemak.

Tak hanya itu, olahraga yang satu ini juga cukup efektif untuk membuat Anda mendapatkan suasana hati dan jiwa yang menenangkan. Terlebih, di saat pandemic seperti ini tentu kecemasan seringkali terjadi. Untuk itu, olahraga yoga bisa Anda jadikan pilihan sebagai olahraga yang dapat menjadikan suasana hati Anda lebih tenang.

Kemudian, dengan melakukan yoga, Anda juga dapat menjaga metabolism tubuh dengan baik, membantu memperkuat energi dan fitalitas, serta meningkatkan pernapasan. Sangat banyak bukan manfaatnya.

2. Kardio

Olahraga lain yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah kardio. Kardio bisa menjadi olahraga pilihan yang sangat efektif dilakukan di masa pandemic seperti saat ini. Anda tidak perlu lagi datang ke tempat gym karena dapat melakukan olahraga tersebut di dalam rumah saja.

Untuk berolahraga yang benar selama pandemic dengan kardio sediri dapat Anda lakukan dengan menggayuh sepeda statis, atau alat-alat kardio lainnya yang Anda miliki di rumah. Akan tetapi, memang tidak semua orang memiliki berbagai alat khusus untuk melakukan olahraga tersebut.

BACA JUGA:  Mengelola Stres Saat Pendidikan Jarak Jauh 

Solusinya, Anda masih bisa melakukan olahraga kardio yakni dengan melakukan lompat tali, atau olahraga seperti kardio pada umumnya yang dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda di rumah.

3. Senam aerobik

Selain yoga, senam aerobik juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih bingung mengenai cara berolahraga yang benar selama pandemi. Lantas, bagaimana jika Anda tidak memiliki alat latihan kardio untuk senam aerobik? Tenang saja, karena Anda masih bisa melakukan senam ini secara sederhana tanpa alat tersebut serta tetap memperoleh manfaat yang serupa.

Agar lebih seru dan bersemangat, Anda bisa melakukannya bersama dengan keluarga di rumah. Senam aerobik ini sendiri dapat Anda lakukan sesuai dengan gerakan pada umumnya. Mulai dari kepala sampai kaki yang dapat menjadikan tubuh berkeringat, melancarkan sirkulasi darah, membuat tubuh lebih bugar, sampai mengurangi kecemasan/depresi semasa pandemi berlangsung.

4. Push-up

Selanjutnya, salah satu jenis olahraga yang tak kalah direkomenadasikan untuk dilakukan di dalam rumah semasa pancemi adalah push-up. Anda tentu sudah tidak asing lagi mengenai olahraga yang satu ini. Untuk itu, jadikan olahraga push-up sebagai salah satu olahraga wajib dalam keseharian Anda.

Dengan melakukan push-up, Anda juga tak hanya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan berkeringat. Push-up juga dapat membantu Anda memberkuat otot tubuh, baik itu lengan, dada, serta tubuh bagian atas lainnya. Terlebih, olahraga yang satu ini tidak memerlukan lagi alat bantu apapun. Tentu akan sangat mudah dan ramah dikantong saat melakukannya.

5. Jogging

Satu lagi cara berolahraga yang benar selama pandemi yang bisa Anda lakukan di rumah. Jogging, merupakan olahraga yang tak hanya simple namun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan olahraga yang satu ini di halaman rumah maupun perumahan.

BACA JUGA:  10 Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Stress

Apabila Anda ingin jogging di luar rumah, maka hal tersebut boleh-boleh saja. Akan tetapi, sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan. Yakni dengan memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan, dan lain sebagainya.

6. Sit-up

Masih memiliki kemiripan dengan olahraga push-up, sit-up juga bisa Anda jadikan salah satu pilihan untuk tetap berolahraga di dalam rumah sekalipun. Sit-up sendiri merupakan olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai cara berolahraga yang benar selama pandemi.

Adapun beberapa manfaatnya jika melakukan olahraga satu ini seperti dapat meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur badan, hingga menguatkan otot-otot perut. Untuk melakukan olahraga sit-up yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan membaringkan tubuh. Kemudian tekut lutut lalu tempelkan bagian telapak kaki di lantai.

Selanjutnya, arahkan tangan untuk memegang bagian belakang kepala agar membentuk sudut. Atur pernapasan Anda dengan baik lalu dorong bagian atas tubuh menuju ke atas sampai benar-benar tegak. Saat melakukannya, Anda bisa sambil menarik napas lalu balikkan badan pada posisi semula. Sebagai pertimbangan, lakukan olahraga yang satu ini dengan pandangan yang lurus agar lebih nyaman.

Seperti itulah cara berolahraga yang benar selama pandemi. Tentu berbagai olahraga di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan? Anda tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk berolahrga. Terlebih di era pandemi seperti ini sangat tidak dianjurkan untuk bepergian jauh.

Untuk itu, Anda bisa tetap sehat selama di rumah dengan memperhatikan cara berolahraga yang benar selama pandemi di atas. []

Komentar

Berita lainnya