oleh

Tahukan Anda Merokok Dekat Ibu Hamil Bisa Sebabkan Keguguran pada Kandungannya?

Kita tau bahwa perokok di Indonesia sangatlah banyak dan terus bertambah, apalagi anak muda di atas umur 15 tahun setiap tahunnya makin bertambah. Menurut data Riskesdas 2018 ( labdata.litbang.depkes.go.id ) menunjukan jumlah perokok di atas 15 tahun sebanyak 33,8%. Dari jumlah tersebut 62,9% merupakan laki-laki dan 4,8% perempuan.

Bertambahnya jumlah perokok di Indonesia tentunya sangat mempengaruhi polusi yang ada, dikarenakan banyaknya zat beracun yang ada di dalam rokok.

(Source: Kemenkes RI)

Seperti yang belakangan ini diberitakan oleh media dan pemerintah, bahwa udara di kota Jakarta dan kota lainnya sedang buruk dan sangat tidak sehat untuk dihirup yang disebabkan oleh polusi udara dari asap pabrik, kendaraan, dan pastinya asap rokok yang sudah tercampur. Polusi udara biasa saja sudah berbahaya jika paru-paru kita mengkonsumsinya setiap hari, apa lagi sudah tercampur dengan asap rokok.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Menurut Institut Nasional Kanker Italia, menyebutkan bahwa rokok sepuluh kali lebih berbahaya dari asap mesin diesel. Salah satu contoh kendaraan yang menggunakan mesin diesel adalah bis kota, ternyata asap rokok yang dikeluarkan perokok aktif lebih berbahaya daripada asap bis kota yang hitam pekat. Yang dimana sangat berbahaya bagi lingkungan, sehingga perlu adanya pengurangan jumlah perokok.

(Source: rumahsegala.blogspot.com)

Karena dampak yang ditimbulkan sangatlah berbahaya, mari kita kenal apa saja yang akan terjadi oleh kesehatan kita supaya kita bisa lebih peduli terhadap satu sama lain.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Virus Corona dan Upaya Pencegahannya

Bila seseorang yang tidak merokok tetapi sering mengkonsumsi asap rokok (perokok pasif) dapat menyebabkan :

⦁ Meningkatnya resiko kanker paru-paru dan serangan jantung.
⦁ Meningkatnya resiko penyakit saluran pernafasan seperti radang paru-paru dan bronchitis.
⦁ Iritasi pada mata yang menyebabkan rasa sakit dan pedih.
⦁ Bersin dan batuk-batuk karena alergi.
⦁ Sakit pada tekak, esofagus, kerongkongan dan tenggorokan.
⦁ Sakit kepala sebagai reaksi penolakan nikotin.

Dan jika anda perokok aktif merokok dihadapan ibu mengandung, anda bisa menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur pada sang bayi. Serta terhadap lingkungan dampak yang sangat merugikan dan membahayakan, karena bisa mengakibatkan kematian makhluk hidup lain, berikut dampak tersebut :

BACA JUGA:  Kenali Gejala Virus Corona dan Upaya Pencegahannya

⦁ Pencemaran udara.
⦁ Penurunan kualitas udara.
⦁ Pencemaran air.
⦁ Penurunan kualitas air.
⦁ Kebakaran.
⦁ Masalah sampah
⦁ Penyebaran racun
⦁ Merusak ekosistem
⦁ Membunuh makhluk hidup lain.

Mulai sekarang yuk mulai peduli terhadap lingkungan dan orang lain yang ingin tetap hidup sehat dan sama-sama belajar untuk lebih mencintai diri kalian, karena bahaya yang kalian timbulkan bukan hanya tertuju kepada diri kita sendiri loh para perokok aktif! Tetapi orang terdekat dan tersayang kita bisa mendapatkan akibat yang lebih berbahaya!

*Lidya Febriana, London School Of Public Relations Jakarta

Komentar

Berita lainnya