Ahli Terkemuka dari Rusia dan Negara Islam Akan Diskusikan Tren Perkembangan Konten Media

DEPOKPOS – Pada 15 Mei 2024 pukul 13:00 (Konferensi Hall No. 9) di platform KazanForum-2024 akan diadakan Sesi Ahli Media yang didedikasikan untuk perayaan 55 tahun Organisasi Kerjasama Islam. Sesi terdiri dari dua blok tematik: “Tren Utama dalam Transformasi Ruang Informasi di Dunia Modern dan Negara-negara OKI” dan “Penggabungan Ruang Informasi atau Segementasinya? (Tentang Situasi di Dunia Secara Umum dan Negara-negara Muslim Secara Khusus)”.

Ruang informasi saat ini mengalami transformasi yang sangat fundamental. Konsep “mainstream” mulai berubah, kepemilikan monopoli atas aliran berita semakin menjadi hal yang berlalu. Salah satu ciri utama saat ini adalah perkembangan media yang intensif di negara-negara mayoritas dunia, yang disertai dengan pertumbuhan media raksasa di Eurasia, di mana jurnalisme Afrika semakin menyadari kebutuhan untuk keluar dari format neokolonialis mental. Negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam menjadi inisiator pengembangan sistem media independen mereka sendiri, yang memungkinkan mereka membangun kesetaraan dalam ruang informasi global berdasarkan kerja sama dan interaksi dengan dunia luar.

BACA JUGA:  Lagi! 80 Jenazah Ditemukan di Kuburan Masal Kompleks Al-Shifa Gaza

Teknologi modern yang secara aktif memengaruhi transformasi bidang informasi modern patut mendapat perhatian khusus. Fenomena seperti pengembangan kecerdasan buatan, pembentukan Internet of Things, penggunaan blockchain dan komputasi awan memiliki dampak signifikan pada semua bidang kehidupan, mengotomatisasi proses, memastikan keamanan dan kerahasiaan data, dan menghasilkan konten media baru dalam hal pembuatan dan isinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, KazanForum telah menjadi salah satu platform utama untuk mendiskusikan tren perkembangan ruang informasi global, membangun dialog yang produktif di bidang informasi, serta menentukan arah kerja sama antara negara-negara OKI dan Federasi Rusia. Keunikan acara media KazanForum adalah orientasi praktisnya dengan penekanan pada proposal kerja sama tertentu, pertemuan bersama, pelatihan, dll. Bagian yang tak terpisahkan dari Forum ini adalah penandatanganan perjanjian kerja sama antara perusahaan-perusahaan media.

BACA JUGA:  Erdogan: Metode Genosida Netanyahu Bakal Buat Hitler Iri

Sesi pakar media akan dihadiri oleh para profesional media terkemuka (kepala kantor berita, perusahaan media), tokoh publik dan politik terkenal, para ahli dan analis. Persatuan Kantor Berita negara-negara OKI, kantor berita Irak, Iran, Arab Saudi, Pakistan, Rusia, Turkmenistan, Turki, dan Uzbekistan akan diwakili oleh para pejabat tinggi. Acara ini juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Maroko, Komite Negara untuk Penyiaran Televisi dan Radio Turkmenistan, Televisi Republik Indonesia, serta RT, Al Jazeera dan Persatuan Wartawan Yaman.

BACA JUGA:  Pemukim Yahudi Serang Truk Bantuan Menuju Gaza

Berdasarkan diskusi, rencananya akan disusun usulan untuk rencana tindakan praktis bersama antara perwakilan industri media Rusia dan negara-negara Islam di bidang informasi global.

Setelah sesi ahli media selesai, akan diadakan upacara penandatanganan perjanjian kerjasama antara perusahaan media Rusia dan negara-negara Islam.

Sesi ini diselenggarakan oleh Badan Republik untuk Pers dan Komunikasi Massa “Tatmedia” (Tatarstan, Federasi Rusia) dan Persatuan Kantor Berita Negara-negara OKI (UNA). Mitra acara ini adalah Kelompok Visi Strategis “Rusia-Dunia Islam” dan Misi Permanen Federasi Rusia untuk Organisasi Kerja Sama Islam.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait