oleh

Tidak Hanya Unik, Ini dia 5 Manfaat Spesial Buah Naga

Untuk masyarakat indonesia, tentunya tidak asing dengan yang namanya buah naga. Buah naga banyak ditemukan di toko-toko buah ataupun di supermarket. Buah yang memiliki kulit kemerahan dan bersisik sepertki kulit naga ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho.

Hal ini disebabkan karena  tingginya serat serta berbagai vitamin dan mineral termasuk mangan dan zat besi yang dimiliki oleh buah naga.Buah yang memiliki daging berwarna merah keunguan dan putih ini patut menjadi pilihan buah yang wajib di konsumsi untuk memunuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaat-manfaat buah naga bagi tubuh.

BACA JUGA:  Lewat Meme, Klinik Nabila Depok Kenalkan Edukasi Kesehatan bagi Milenial

Anti penuaan
Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik dengan kadar kandungan vitamin c yang tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa antioksidan mampu menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Selain itu, buah naga juga mengandung fosfor yhang dapat mencegah penuaan dini.

Kesehatan jantung
Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menjelaskan bahwa mengonsumsi buah pitaya (naga) dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan tinggi. Hal ini karena kemampuan buah naga memerangi kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

BACA JUGA:  Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ampuh Kecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Wajah

Pencegah kanker
Menurut sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa asupan lycopene yang kurang dari 2.498 mcg/hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Hal tersebut berkaitan dengan Likopen pada buah naga yang berperan untuk warna merah pada buah naga. Selain itu, terdapat juga karoten yang berhubungan dengan beberapa kualitas antikarisnogen, termasuk mengurangi jumlah tumor.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan mengonsumsi buah naga, sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat. Karena tingginya kandungan vitamin c mampu  memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh, serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Selain itu, dengan vitamin c yang tinggi, mineral, dan fitoalbumin, juga dapat memerangi radikal bebas. Ditambah vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga berperan dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

BACA JUGA:  Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Kesehatan

Pencegah diabetes
Kadar gula darah dalam tubuh mampu distabilkan oleh tingginya serat yang terdapat pada buah naga. Pada studi yang sama dari jurnal Pharmacognosy Research, menemukan bahwa buah naga memiliki efek yang baik pada stres oksidatif unutk kelakuan aorta dari tikus diabetes. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya