oleh

Selain Baik Untuk Mata, Ini 5 Kebaikan Lain Wortel untuk Kesehatan

Wortel adalah sayuran yang sering dijumpai pada masakan rumahan sehari-hari, seperti sayur sop, capcay, karoket atau risol dan masih banyak lagi. Sayuran yang berwarna oren ini dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun, lebih dari itu, wortel memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh kita.

Wortel banyak memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk dikonsumsi, seperti vitamin A, biotin (salah satu vitamin B), vitamin K1, kalium, B6 dan senyawa-senyawa lainnya yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat lainnya dari mengonsumsi buah wortel? Yuk simak 5 macam manfaatnya berikut ini.

BACA JUGA:  Benarkah Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Anemia?

Menangkal radikal bebas
Wortel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Seperti yang sudah diketahui bahwa antioksidan mampu melawan paparan radikal bebas. Maka dari itu, wortel sangat cocok untuk dijadikan tameng dalam menghadapi paparan radikal bebas.

Mengurangi resiko kanker payudara
Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung beta-karoten setiap hari dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Kandungan beta-karoten yang tinggi pada wortel mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

BACA JUGA:  Kenali Dampak Buruk Kecanduan Game Online

Kesehatan gigi & mulut
Selain untuk mata, ternyata wortel juga baik untuk mulut wortel memiliki kandungan yang mampu merangsang pembentukan air liur dalam mulut yang nantinya menjadi alkali alami yang mampu mencegah terbentuknya lubang pada gigi.

Menurunkan kolesterol
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, bahwa seseorang yang sedikitnya memakan 6 wortel dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol tinggi dari pada yang mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Hal tersebut tentu berkaitan dengan kaandunga wortel yang tinggi serat, rendah kalori, dan rendah lemak.

BACA JUGA:  Apakah Pelacak Kebugaran Penunjang Kesehatan Penggunanya?

Menjaga kesehatan otak
Wortel memiliki kandungan senyawa luteolin yangberfungsi untuk mengurangi peradangan otak. Berdasarkan penelitian yang di terbitkan oleh Jurnal Nutrisi pada tahun 2010 bahwa kandungan senyawa luteolin mampu mengembalikan ke ingatan yang lebih muda. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya