oleh

Konsumsi Air Kelapa Ternyata Baik untuk Cegah Penuaan Dini

Air kelapa adalah minuman bekhasiat yang banyak dijumpai pada setiap daerah-daerah di Indonesia. hal tersebut karena kelapa merupakan tanaman khas daerah beriklim tropis.

Berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh terdapat pada air kelapa, seperti elektrolit, klorida, kalium, magnesium, sejumlah gula, natrium dan protein. Selain itu, air kelapa juga menjadi sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C.

Penasaran apa saja manfaat air kelapa bagi tubuh? Yuk simak 5 manfaatnya berikut ini!

BACA JUGA:  Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Kesehatan

Mengatasi dehidrasi

berdasarkan jurnal yang diterbitkan International Society of Sports Nutrition, air kelapa memiliki manfaat yang sama besarnya dengan minuman olahraga. Selain itu, air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang mirip dengan darah, sehingga air kelapa mudah untuk mengisi cairan tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Pada air kelapa terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium tersebut sangat berguna bagi penderitas hipertensi, karena mammpu menurunkan tekanan darah. Penelitian membuktikan bahwa tekanan darah pasien hipertensi turun hingga 71 persen setelah rutin mengonsumsi air kelapa.

BACA JUGA:  Ternyata Jeruk Bukan Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Menyembuhkan sakit kepala

Sakit kepala biasa atau migrain biasanya disebabkan oleh dehidrasi dan kurangnya magnesium pada tubuh. Dengan air kelapa 2 hal tersebut mampu dipenuhi. Karena, pada air kelapa terkadnung banyak magnesium yang mampu mengobati migrain. Selain itu, air kalapa terbukit ampuh dalam membantu rehidrasi.

Mencegah penuaan dini

Selain untuk kesehatan, air kelapa berguna juga untuk kecantikan. Kandungan asam laurat dan sitokin pada air kelapa berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel.

BACA JUGA:  Ternyata Pare Ampuh Turunkan Kandungan Gula dalam Darah

Meningkatkan pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa air kelapa mengandung banyak serat. Hal tersebut mampu membantu pencernaan, mengurangi fluks asam kembali dan masalah pencernaan, termasuk IBS (Irritbale Bowel Syndrome), serta menormalkan gerak usus. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya