oleh

5 Tips Sederhana Melancarkan BAB

Buang Air Besar atau biasa disingkat BAB adalah suatu aktivitas manusia yang rutin dilakukan. buang air besar adalah proses pembuangan kotoran hasil dari sisa-sisa makanan yang diproses oleh sistem pencernaan.

Buang air besar adalah aktivitas yang menyenangkan, karena biasanya saat BAB, kita di aliri oleh banyak inspirasi dan ide-ide kreatif. Selain itu. setelah buang air besar, perut akan terasa lebih enak dan tubuh menjadi lebih nyaman untuk beraktivitas.

Namun, seringkali kita mengalami kesulitan dalam buang air besar, sehingga menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman di perut. Hal tersebut tentu sangat mengganggu serta menghambat aktivitas kita seharian.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, yuk simak beberapa tips untuk melancarkan buang air besa berikut ini.

Konsumsi lebih banyak serat dan air
Jika kita kekurangan serat dan cairan maka akan menyebabkan sulitnya buang air besar. Hal ini karena serat dan cairan mampu mebuat kerja usus menjadi lancar, sehingga buang air besar akan menjadi mudah. Sumber serat yang baik dijadikan pilihan yaitu sayuran, buah, kacang polong dan sereal.

Jangan menunda BAB
Buang air besar yang ditunda atau ditahan dapat menyebabkan sembelit. Hal ini disebabkan oleh feses yang tertahan akan menumpuk di usus besar dan berakibat pada mengerasnya feses.maka dari itu, segerelah BAB jika memang merasa ingin BAB.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Virus Corona dan Upaya Pencegahannya

Hindari stres
Menurut para ahli yang dilansir Harvard Health Publications, saluran pencernaan sangat sensitif terhadap perubahan emosi. Kemarahan, kesedihan, kegembiraan, dan perasaan lainnya dapat memicu gejala pada pencernaan. Disaat stres, usus besar mengalami tegang atau kejang. Selain itu stres mampu mempengaruhi pergerakan makanan dalam usus, sehingga dapat menyebabkan diare atau sembelit.

Rutin berolahrga
Menurut Profesor Terry Bolin, Gastroenterologis dan Profesor di University of NSW, yang dikutip dar ABC Australia menjelaskan bahwa sembelit sederhana dapat diatasi dengan berolahraga. Sembelit mampu diatasi dengan rutin berolahraga. Karena dengan olahraga, denyut jantung dan pernapasan akan meningkat. Hal tersebut mampu merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh, sehingga makanan dalam tubuh akan bergerak lebih cepat melalui usus.

BACA JUGA:  Kandungan Nikotin dalam Rokok Elektrik

Perhatikan makanan yang di konsumsi
Tentunya makanan yang kita makan dapat mempengaruhi sistem pencernaan kita. Selektiflah dalam memilih makanan, karena tidak semua makanan yang terlihat enak dapat menyehatkan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandug banyak serat. Pilihan makanan yang dapat memperlancar BAB yaitu buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, nasi. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya