oleh

Jaga Pertemanan Dengan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut menjadi suatu hal yang harus diperhatikan. Karena, kebersihan gigi dan mulut tidak hanya untuk kenyamanan diri sendiri, melainkan juga untuk kenyamanan orang lain. Pastinya tidak mau dong teman-teman kita pergi karena tidak nyaman ketika berbicara atau dekat dengan kita.

Selain itu, dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, mampu menyelamatkan kita dari sakit gigi yang amat menyakitkan, hingga mengganggu kenyamanan tidur dan menghilangkan kenikmatan ketika sedang makan. Menurut pepatah, rasa sakit gigi ini hampir setara dengan rasa sakit hati. Sungguh menyakitkan bukan?

Sebelum semua itu terjadi, yuk simak tips menjaga kebersihan gigi dan mulut berikut ini.

BACA JUGA:  3 Langkah Sebelum Menggunakan Lipstick Matte pada Bibir Kering

1. Sikat gigi sebelum tidur
Tentu hal ini merupakan hal umum yang diketahui banyak orang. Namun masih sedikit yang mempraktikannya. Sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan plak serta kuman pada gigi yang menempel sepanjang hari.

2. Tidak merokok
Banyak dampak negatif yang disebabkan oleh rokok. Untuk bagian mulut dan gigi, rokok dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Parahnya lagi, rokok mampu menyebabkan kanker mulut.

3. Tidak menyikat gigi terlalu keras
Salah bila menyikat gigi dengan keras mampu membersihkan gigi dengan sempurna. Hal tersebut malah merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis, sehingga membuat gigi menjadi sensitif.

BACA JUGA:  6 Manfaat Kopi yang Tak Banyak Diketahui

4. Batasi konsumsi makanan manis dan asam
Sewaktu kecil kita seringkali dimarahi orang tua jika terlalu sering makan permen dengan alasan akan merusak gigi. Ternyata larangan tersebut memang benar. Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi. Hal tersebut merupakan penyebab dari gigi berlubang.

BACA JUGA:  Yuk Simak 5 Manfaat Mandi Pagi Agar Tak Malas Lagi!

5. Batasi konsumsi minuman bersoda
Minuman bersoda tentu menjadi minuman wajib bila sedang kumpul bersama teman-teman dan menjadi minuman utama saat di restoran fast food. Namun walau rasanya menyegarkan. minuman bersoda dapat membahayakan kesehatan gigi, karena minuman bersoda memiliki pH di bawah 5,5. Hal tersebut menjadi penyebab gigi berlubang.

6. Rajin periksa gigi setiap 6 bulan sekali
Memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali merupakan anjuran dari para ahli gigi. Dengan begitu, tentu mampu meminimalisir terjadinya kerusakan gigi dan mulut kita. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya