oleh

5 Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Menyala Semalaman

Pada cuaca Indonesia yang cenderung hangat, kipas angin menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki. Kipas angin memang menjadi andalan untuk megusir hawa panas dalam ruangan. Selain karena hargnya yang murah dan terjangkau, pemikaian listriknyapun tak seberapa dibandingkan AC.

Ketika akan beranjak tidur, kita tak pernah lupa untuk menyalakan kipas angin demi kenyamanan saat tertidur. Biasanya, kipas angin akan dibiarkan menyala semalaman sampai kita terbangun pada esok harinya. Ternyata, hal tersebut memiliki dampak negatif untuk kesehatan tubuh kita, lho!

Mau tau apa saja bahayanya? Yuk simak dampak-dampak negatifnya berikut ini!

BACA JUGA:  5 Manfaat Istimewa Dari Mengkonsumsi Buah Nanas

1. Alergi dan asma
Kipas angin yang kotor akan menyebarkan debu dan kotoran pada area ruangan. Yang nantinya, debu dan kotoran tersebut akan terhirup oleh tubuh sehingga akan menyebabkan munculnya gejala asma dan alergi.

2. Dehidrasi
Menurut Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf, ketika seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan. Hal tersebut disebabkan oleh kerja udara dingin yang menyerap air dalam tubuh. Apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus maka kelembaban tubuh akan menurun hingga akhirnya akan merasa haus bahkan dehidrasi.

BACA JUGA:  Skintone dan Undertone Sudah Tau Bedanya?

3. Iritasi sinus
Kipas angin yang menyala akan membuat udara dalam ruangan menjadi kering. Sehingga membuat selaput lendir dalam rongga hidung mengering. Semakin mengering selaput tersebut maka produksi lendir akan semakin banyak hingga mampu menyumbat saluran pernapasan dan akan menyebabkan iritasi sinus.

4. Leher kaku
Selama kipas angin menyala semalaman, maka selama itulah tubuh kita terkena angin dingin. Hal tersebut dapat membuat otot leher jadi kencang hingga mengakibatkan leher dan bahu kaku bahkan kram.

BACA JUGA:  Tak Perlu Mahal, Bawang Merah Bisa Atasi Diabetes

5. Sakit gigi dan gusi
Dalam jangka panjang, keringnya mulut yang diakibatkan dari paparan kipas angin yang terus menyala selama semalaman mampu menyebabkan penyakit gigi dan gusi. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya