oleh

Asuransi Bagi Masa Depan dan Pentingnya Untuk Anda

Definisi asuransi menurut OJK adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi dengan pemegang polis. Yang mana kedua belah pihak ini merupakan penanggung dan tertanggung yang membuat perjanjian untuk memberikan proteksi.

Masyarakat Indonesia sendiri kini terbilang mulai terbuka dan sadar akan pentingnya asuransi. Terbukti dengan semakin banyaknya orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta di berbagai jenis asuransi. Hal ini tidak lain dikarenakan keuntungan asuransi yang mampu membantu menjamin kehidupan masa depan.

Pentingkah Memiliki Asuransi?

Apakah setiap orang harus memiliki asuransi? Pertanyaan ini tentu pernah terlintas di pikiran Anda. Apalagi mengingat asuransi sangat disarankan terutama bagi Anda yang ingin memberikan perlindungan di masa mendatang. Dengan adanya asuransi, jaminan perlindungan atas resiko dari kejadian tak terduga yang mungkin terjadi di keesokan hari dapat lebih di minimalkan dan diatasi dengan baik.

Dalam hal ini yang dimaksudkan ialah kerugian finansial, di mana setiap musibah atau kejadian tidak diinginkan akan selalu mengancam keuangan individu. Sehingga secara mendasar, memiliki asuransi adalah sebuah keharusan yang sangat penting untuk tiap pribadi. Agar pengelolaan keuangan tidak menjadi kacau akibat tuntutan pengeluaran tidak terencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Anda tentu tidak mau bukan tabungan masa depan Anda terkuras habis? Untuk itulah peran asuransi menjadi penting untuk membantu meringankan beban keuangan Anda. Asuransi akan memberikan perlindungan dengan menanggung biaya atau memberi uang penggantian atas kerugian yang di dapat oleh pemegang polis. Jadi sekarang Anda bisa menyimpulkan sendiri seberapa pentingnya asuransi.

BACA JUGA:  Perilaku Body Shaming, dari Bercanda hingga Ancaman Penjara

Macam-Macam Asuransi

Di Indonesia ada beberapa macam produk asuransi yang masing-masing memiliki fokus tersendiri. Kesemuanya memiliki peran yang sama dalam memberikan perlindungan untuk Anda di masa depan. Macam-macam asuransi ini antara lain:

1. Life Insurance
Asuransi ini merupakan produk asuransi yang diperolehkan bagi orang yang menanggung kerugian finansial tak terduga akibat resiko kematian. Ketika resiko ini terjadi, maka uang penggantian akan diberikan pada ahli waris untuk dipakai memenuhi kebutuhan hidup. Asuransi ini dapat dibeli atas kepentingan diri sendiri ataupun untuk orang ketiga.

2. Asuransi Kesehatan
Jenis asuransi ini diperuntukkan khusus bagi pemegang polis atas jaminan biaya kesehatan dan perawatan rumah sakit. Penggunaan asuransi ini akan membuat ketersediaan dana untuk biaya atas segala pengobatan saat Anda dan keluarga sebagai pemegang polis sedang sakit menjadi terjamin. Sama seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan dapat dibeli untuk premi atau orang ketiga.

3. Asuransi Pendidikan
Produk asuransi ini dikenal sebagai alternatif tabungan untuk biaya pendidikan. Jadi Anda bisa merencanakan pendidikan bagi anak yang akan menjalani masa sekolah dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Asuransi ini akan menjamin pendidikan anak di masa depan akan terus berlangsung. Sehingga pantas saja jika asuransi ini menjadi prioritas para orang tua.

4. Asuransi Kendaraan
Jenis asuransi ini dinilai paling dibutuhkan. Pasalnya asuransi yang satu ini fokus terhadap biaya penanggungan atas kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh pemegang polis. Tidak hanya itu, asuransi kendaraan ini juga dapat mengganti kehilangan kendaraan tertanggung.

BACA JUGA:  Dampak Stigma Masyarakat Bagi Kesembuhan Penderita Gangguan Jiwa

5. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Rumah ataupun properti juga tidak kalah penting untuk diasuransikan sebab banyaknya resiko yang mungkin terjadi. Asuransi ini akan memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan serta keringanan biaya tanggungan apabila rumah atau properti tertanggung mengalami musibah.

6. Asuransi Perjalanan
Asuransi ini diperlukan sebagai perlindungan jangka pendek yakni selama Anda sebagai pemegang polis melakukan perjalanan. Jadi Anda yang sering pergi ke luar kota atau luar negeri, asuransi ini bisa Anda pertimbangkan.

Keuntungan Memiliki Asuransi

Memiliki jenis yang beragam, pada dasarnya asuransi akan memberikan perlindungan khusus yang berbeda-beda pada setiap macam jenisnya. Yang mana hal tersebut sesuai dengan fungsi masing-masing dalam memproteksi hal-hal tidak terduga di masa depan. Jika Anda berniat membeli asuransi, Anda bisa membelinya secara online di Futuready.com, dan ketahui juga keuntungan memiliki asuransi berikut ini:

1. Keuntungan Produk Life Insurance
2. Dengan memiliki asuransi ini, pemegang polis dapat mengganti program JPS (Jaring Pengaman Sosial), turut menjaga stabilitas masyarakat dan menjadi salah satu sumber keuangan. Pasalnya asuransi ini memberikan keuntungan pada pemegang polis atas kematiannya yang bisa diterima oleh keluarga.

3. Keuntungan Asuransi Kesehatan
Asuransi ini akan menanggung segala biaya perawatan selama pemegang polis menjalani pengobatan. Meliputi biaya medis, operasi, ataupun penanganan kecelakaan dan kematian. Pihak asuransi kesehatan akan menjamin tanggungan biaya perawatan baik rawat jalan maupun rawat inap.

BACA JUGA:  Mengapa Gangguan Mental Menyebabkan Bunuh Diri?

4. Keuntungan Asuransi Pendidikan
Biaya pendidikan anak sejak kecil mulai dari memasuki sekolah hingga jenjang perkuliahan akan terjamin dengan asuransi ini. Jadi biaya pendidikan yang semakin mahal tiap waktu ke waktu tidak akan menjadi masalah.

5. Keuntungan Asuransi Kendaraan
Keuntungan yang akan didapat dari memiliki asuransi ini adalah apabila motor dan mobil atau kendaraan mengalami kerusakan atau kerugian, maka pihak penyedia asuransi akan menanggungnya. Kerusakan atau kerugian yang akan ditanggung asuransi ini antara lain adalah yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas dan pencurian kendaraan.

6. Keuntungan Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti
Dengan mendaftarkan asuransi untuk aset berharga seperti rumah, kantor atau gedung, maka Anda akan mendapat jaminan dari pihak layanan asuransi. Uang penggantian akan diberikan apabila terjadi musibah yang mengakibatkan aset berharga tersebut rusak atau hilang.

7. Keuntungan Asuransi Perjalanan
Salah satu jenis asuransi ini akan memberikan keuntungan bagi Anda berupa jaminan perlindungan ketika dalam perjalanan. Ketika terjadi resiko perjalanan seperti kehilangan barang di bagasi, kehilangan dokumen perjalanan atau butuh perlindungan medis, maka asuransi ini menjaminnya.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar asuransi. Sebab dengan asuransi, hal-hal di masa depan akan dapat lebih teratasi dan perlindungan finansial juga akan terjamin.

Komentar

Berita lainnya