oleh

7 Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat

Jantung adalah organ yang bekerja memompa darah keseluruh tubuh. Perannya sangat vital untuk keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu kesehatan jantung merupakan sesuatu yang wajib untuk diperhatikan. Menurut laporan Badan Kesehatan Manusia (WHO) penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia.

Dalam keseharian hidup manusia, terdapat banyak aktivitas-aktivitas yang dapat mengancam kesehatan jantung, seperti merokok, begadang, minum minuman beralkohol, jarang berolahraga dan masih banyak lagi. Hal yang demikian sudah seharusnya ditinggalkan demi kesehatan jantung yang optimal.

Selain itu terdapat beberapa tips yang dapat menyehatkan jantung. Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

BACA JUGA:  Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Kesehatan

Berhenti merokok
Rokok merupakan musuh dari kesehatan jantung. Pasalnya tidak hanya berbahaya bagi yang morokok saja, orang-orang di sekitar yang terkana paparan asap rokokpun juga ikut terancam kesehatannya. Ini karena zat racun pada asap rokok mampu merusak pembuluh darah jantung sehingga menghambat aliran darah pada jantung.

Olahraga secara rutin
Resiko terkena penyakit jantung dapat di minimalisir dengan berolahraga. Setidaknya, luangkan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Dengan begitu kesehatan jantung akan terus terjaga.

Menjaga tekanan darah
Faktor yang menyebabkan tingginya tekanan darah yaitu jarang berolahraga, minuman beralkohol dan tingginya konsumsi garam Hal tersebut sangat membahayakan karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Hal ini dapat berakibat fatal bila pembuluh darah yang pecah berada di organ-organ vital seperti jantung dan otak. ]

BACA JUGA:  Ternyata Jeruk Bukan Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Batasi konsumsi lemak jenuh
Lemak jenuh yang berlebih dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sedangkan kolesterol yang menumpuk mampu menyumbat pembuluh darah jantung.

Istirahat yang cukup
Resiko penyakit diabetes, darah tinggi dan serangan jantung dapat meningkat bila tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Usahakan hindari begadang dan tidur tepat waktu agar tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup.

BACA JUGA:  Lewat Meme, Klinik Nabila Depok Kenalkan Edukasi Kesehatan bagi Milenial

Konsumsi ikan
Ikan adalah salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin dan kandungan positif lainnya yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu asam lemak omega 3 yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.

Konsumsi lebih banyak serat
Makanan yang mengandung banyak serat dapat didapatkan dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, gandum dan sereal. Serat mampu menurunkan kadar kolesrterol jahat (LDL) yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya