oleh

7 Manfaat Istimewa Berenang

Berenang merupakan olahraga yang memilikii banyak peminat, khususnya anak-anak. Karena di tempat renang pada umumnya tersedia wahana-wahana menyenangkan yang dapat dinikmati ketika lelah sehabis fokus berenang.

Olahraga air yang satu ini juga menjadi olahraga yang wajib dikuasai oleh setiap orang. Karena skill renang dapat berguna bila suatu ketika sedang berada dalam bahaya di laut, sungai atau tempat-tempat air lainnya. Selain untuk keselamatan diri sendiri, skill renang tersebut juga mampu menyelamatkan orang lain.

Selain menjadi olahraga yang menyenangkan, tentunya berenang memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita lho, yuk simak berbagai manfaat berenang berikut ini.

BACA JUGA:  Eyelash Extension, Aman Gak Sih?

1. Menyehatkan jantung dan paru-paru
Berdasarkan studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari. Selain itu, setiap gerakan-gerakan ketika berenang mampu melancarkan aliran darah, dengan begitu jantung akan menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
Olahraga yang memiliki berbagai gaya dan cara ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Hal tersebut disebabkan karena ketika renang seluruh otot bergerak dan nantinya akan terbentuk sempurna.

3. Meningkatkan tinggi badan
Berenang merupakan jenis olahraga yang sangat berperan dalam pembentukan otot dan pertumbuhan tulang. Maka dari itu, rutin berenang di usia pertumbuhan sangat membantu untuk meningkatkan tinggi badan.

BACA JUGA:  4 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

4. Menurunkan berat badan
Hanya dengan berenanag selama 30 menit, 200-300 kalori di dalam tubuh akan terbakar. Tentu berenang menjadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan, karena dapat dilakukan dengan sangat menyenangkan.

5. Menurunkan resiko diabetes
Selain mampu membakar kalori, berenang juga dapat membakar lemak dan gula. Bila dilakukan secara rutin, pastinya resiko terkena diabetes akan menurun. Namun juga harus disertakan dengan gaya hidup yang sehat.

BACA JUGA:  Tahukan Anda Merokok Dekat Ibu Hamil Bisa Sebabkan Keguguran pada Kandungannya?

6. Mencerdaskan otak
Studi di Journal of Physiology menyebutkan bahwa aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Selain itu, rutin berenang dapat meningkatkan fungsi memori dan kognitif otak.

7. Membuat awet muda
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya