oleh

6 Manfaat Kopi yang Tak Banyak Diketahui

Kini, kedai-kedai kopi tengah menjamur di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya peminat kopi. Mulai dari remaja hingga orang tua, pelajar hingga pegawai, umum terlihat memenuhi meja-meja kedai kopi.

Kopi memang sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Diwaktu pagi saat akan memulai hari, kopi selalu tersedia di cangkir-cangkir atau teko. Ketika siang, stres dengan pekerjaan, kopi menjadi solusi untuk membuat pikiran kembali segar. Ketika malam begadang dengan teman-teman, kopilah yang mengahangatkan tubuh dari dinginnya malam.

Dengan rasa pahit dan asamnya yang khas, ternyata kopi memilki segudang manfaat untuk tubuh lho. Yuk simak manfaat-manfaat kopi berikut agar setiap seruputnya terasa lebih nikmat!

BACA JUGA:  3 Langkah Sebelum Menggunakan Lipstick Matte pada Bibir Kering

Meningkatkan memori
Meminum kopi hitam di pagi hari mampu untuk meningkatkan fungsi otak. Karena, dengan meminum kopi hitam, otak akan terjaga untuk tetap aktif sehingga mampu membantu meningkatkan daya ingat.

Membersihkan perut
Sifat diuretic yang dimiliki kopi akan membuat kita seing ingin buang air kecil. Dari urin tersebutlah keluar racun-racun dan bakteri dalam tubuh kita, sehingga perut kita akan bersih dan terbebas dari racun dan bakteri.

Menjaga fungsi hati
Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.

BACA JUGA:  3 Bahaya Kerokan yang Harus Diketahui

Meningkatkan jumlah antioksidan
Vitamin-vitamin yang terkandung dalam kopi hitam adalah B3, B5, mangan, potassium dan magnesium. Dengan begitu, kopi hitam menjadi pembangkit tenaga antioksidan.

Membakar lemak
Zat kafein yang terkandung pada biji kopi terbukti membantu proses pembakaran lemak. Untuk kalian yang lagi diet, segelas kopi hitam mampu mebantu membakar lemak jahat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme kamu hingga tiga sampai 11 persen.

BACA JUGA:  Jangan Cuma Soal Gaya, Simak 6 Bahaya Menggunakan Celana Jeans Ketat

Mengurangi resiko terkena kanker kulit
Kafein dalam kopi ternyata mampu mengencangkan kulit tubuh lho. Selain itu, meminum kopi setiap hari mampu mengurangi resiko terkena kanker kulit, terutama pada wanita. Menurut Penelitian yang dilakukan Dr Allan Conney dari Rutgers University di New Jersey AS, kafein dalam kopi dapat membantu mencegah timbulnya kanker kulit non-melanoma dengan cara membantu membunuh sel-sel yang rusak yang berpeluang menjadi tumor.

.

Komentar

Berita lainnya