oleh

Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

Ilustrasi. (Istimewa)

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tertidur atau tidur nyenyak di malam hari, menghasilkan tidur yang tidak menyegarkan atau tidak teratur. Pernahkah anda merasakannya? Karena orang yang berbeda membutuhkan jumlah tidur yang berbeda, insomnia ditentukan oleh kualitas tidur anda dan bagaimana perasaan Anda setelah tidur bukan berapa jam Anda tidur atau seberapa cepat Anda tertidur. Bahkan jika Anda menghabiskan delapan jam semalam di tempat tidur, jika Anda merasa mengantuk dan lelah di siang hari, Anda mungkin mengalami insomnia.

Meskipun insomnia adalah keluhan tidur yang paling umum, itu bukan gangguan tidur semata. Lebih akurat untuk menganggap insomnia sebagai gejala dari masalah lain. Masalah yang menyebabkan insomnia berbeda dari orang ke orang. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti minum terlalu banyak kafein di siang hari atau masalah yang lebih banyak seperti kondisi medis yang mendasarinya atau merasa kelebihan beban dengan tanggung jawab.

Penyebab psikologis dan medis insomnia yang umum

Kadang-kadang, insomnia hanya berlangsung beberapa hari dan hilang dengan sendirinya, terutama ketika insomnia terkait dengan penyebab sementara yang jelas, seperti stres pada presentasi yang akan datang, perpisahan yang menyakitkan, atau kecemasan. Di lain waktu, insomnia sangat keras kepala. Insomnia kronis biasanya terkait dengan masalah mental atau fisik yang mendasarinya.

Kecemasan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. Memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres, dan gejala depresi bertambah buruk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma. Mengobati masalah-masalah mendasar ini sangat penting untuk menyelesaikan insomnia Anda.

Masalah atau penyakit medis

Banyak kondisi dan penyakit medis dapat menyebabkan insomnia, termasuk asma, alergi, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, refluks asam, penyakit ginjal, dan kanker. Nyeri kronis juga merupakan penyebab umum insomnia.Obat-obatan. Banyak obat resep dapat mengganggu tidur, termasuk antidepresan, stimulan untuk ADHD, kortikosteroid, hormon tiroid, obat tekanan darah tinggi, dan beberapa kontrasepsi. Penyebab berlebihan mengkonsumsi obat termasuk obat pilek dan flu yang mengandung alkohol, penghilang rasa sakit yang mengandung kafein (Midol, Excedrin), diuretik, dan pil pelangsing.

Gangguan tidur Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur, tetapi juga bisa merupakan gejala dari gangguan tidur lainnya, termasuk sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan gangguan ritme sirkadian yang terkait dengan jet lag atau kerja shift larut malam. Identifikasi kebiasaan yang menyebabkan insomnia dan mengganggu tidur Meskipun mengobati masalah fisik dan mental yang mendasari adalah langkah pertama yang baik, mungkin tidak cukup untuk menyembuhkan insomnia Anda. Anda juga perlu melihat kebiasaan sehari-hari Anda. Beberapa hal yang Anda lakukan untuk mengatasi insomnia sebenarnya dapat membuat masalahnya menjadi lebih buruk.

Misalnya, mungkin Anda menggunakan obat tidur atau alkohol untuk tertidur, yang lebih mengganggu tidur dalam jangka panjang. Atau mungkin Anda minum kopi dalam jumlah berlebihan di siang hari, membuatnya lebih sulit untuk tertidur kemudian. Kebiasaan siang hari lainnya yang dapat berdampak negatif pada kemampuan Anda untuk tidur di malam hari termasuk memiliki jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang, makan makanan manis atau makanan berat yang terlalu dekat dengan waktu tidur, dan tidak mendapatkan cukup olahraga atau berolahraga terlalu terlambat di siang hari.

Cara sederhana mengatasi insomnia :

  • Meminum susu , karena dapat menambah relax pikiran dan membawa suasana terasa lebih santai
  • Memadatkan rutinitas di siang hari hingga menjelang sore
  • Mengurangi kegelisahan dan kecemasan ketika hendak tidur
  • Memikirkan pergi ke tempat-tempat indah atau membayangkan kebehagiaan yang akan anda peroleh sebelum tidur
  • Mengurangi konsumsi kafein hingga menjelang malam hari
  • Memadamkan cahaya lampu sebelum tidur
  • Merapihkan tempat tidur sebelum hendak tidur, agar lebih nyaman
  • Memakai pengharum ruangan yang anda sukai untuk kamar anda yang tidak terlalu menyengat

 

Komentar

Berita lainnya