Pengambilan Keputusan Merupakan Seni Berfikir Kreatif

Pengambilan Keputusan Merupakan Seni Berfikir Kreatif

DEPOKPOS – Pengambilan Keputusan merupakan hal yang sering dihadapi seseorang dalam kehidupannya ,bahkan setiap harinya seseorang selalu mengambil keputusan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Ketika di pagi hari kita memilih untuk bangun siang,maka ada resiko yang harus kita tanggung seperti ada beberapa agenda yang tidak terlaksana, jadwal rutinan tidak berjalan dengan baik.

Setiap keputusan yang kita ambil mempengaruhi berbagai hal terhadap diri kita bahkan orang lain dan lingkungan sekitar kita.

Dalam pengambilan Keputusan terdapat keputusan sederhana yang berpengaruh dalam jangka pendek dan keputusan kompleks yang berpengaruh dalam jangka panjang.

Keputusan Sederhana ini seperti kira-kira hari ini makan apa , hal ini tidak perlu adanya pertimbangan yang kompleks , sedangkan Keputusan yang kompleks seperti kita memilih lokasi tempat tinggal, tempat sekolah anak, resign dari perkerjaan semua keputusan ini memerlukan pertimbangan yang matang dan objektif karena keputusan tersebut berpengaruh sangat besar bagi kehidupan kita dalam jangka waktu yang panjang .

BACA JUGA:  Menanggulangi Ancaman Keamanan Siber: Upaya Penguatan Kapasitas SDM dan Infrastruktur

Dalam Pengambilan Keputusan yang kompleks dibutuhkan keahlian,keterampilan dalam mengambil keputusan karena menyangkut masa depan.Pengambilan Keputusan memiliki 3 Prinsip .

Pertama,Keberanian untuk bersikap Rasional yaitu berpikir secara logis dan masuk akal.
Kedua,Berpikir Kreatif yaitu menemukan ide-ide atau solusi dalam mengambil keputusan.

Ketiga,Keseimbangan dalam penilaian yaitu mencari alternative terbaik.

3 Prinsip Pengambilan Keputusan ini membantu dan memperkuat proses berpikir dalam mengambil keputusan.

Dari 3 Prinsip tersebut Berpikir kreatif menarik untuk dibahas , Seseorang dalam mengambil keputusan selalu dihadapkan rasa bimbang dan pertimbangan, sehingga dibutuhkan berpikir kreatif dalam mengambil keputusan. tanpa berpikir kreatif kita akan sulit untuk mengambil keputusan karena tidak menemukan ide-ide dan solusi. berpikir kreatif akan membantu seseorang untuk meningkatkan kualitas dan keefektifan pemecahan masalah. Mengambil keputusan itu mengasah cara berpikir kreatif seseorang .

Dengan berpikir kreatif dapat mengasah otak untuk menemukan ide-ide “out of the box” ide yang awalnya tidak terpikirkan dan akhirnya muncul dalam pikiran kita dan menjadi alternative pilihan atas keputusan .Menemukan ide out of the box ini kemampuan untuk menghasilkan suatu ide yang tak biasa.Berpikir kreatif melatih kita untuk berpikir secara luas dan dapat melihat dari berbagai sudut pandang sehingga hal ini sangat membantu dalam pengambilan keputusan.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Berpikir kreatif dibutuhkan diberbagai pekerjaan dan kondisi salah satunya Pengusaha.Seorang pengusaha harus Berpikir kreatif agar dapat memecahkan masalah ,mengatasi kendala yang ada didalam bisnisnya agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik ,berkembang dan maju.Berpikir kreatif juga membantu bisnis agar bertahan lama,tanpa adanya ide kreatif dan inovasi ,bisnis dapat bangkrut karena monoton tidak ada suatu hal yang baru dalam bisnis tersebut. Menemukan ide kreatif lalu diterapkan dalam bisnis ini merupakan sebuah keputusan yang besar yang berdampak pada bisnis.

Terdapat beberapa cara melatih berpikir kreatif yaitu Menghubungkan ide baru pada masalah yang ada agar menemukan solusi untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.Melakukan Mindmapping agar dapat memetakan, menyusun kerangka berpikir dengan baik dan teratur. Mindmapping ini proses penggambaran alur suatu ide dalam bentuk visual seperti gambar,grafik,symbol dan warna. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi ,hal ini melatih otak untuk selalu bekerja dan sel-sel neuron menjadi aktif. Melakukan variasi dalam rutinitas ,lakukan kebiasaan dengan cara yang berbeda hal ini dilakukan untuk merangsang otak agar tidak monoton yang menyebabkan sel-sel otak tidak berkembang .Brainstorming ,mengumpulkan ide-ide yang berkaitan dengan objek masalah.

BACA JUGA:  Sampah Logistik Membludak, Closed Loop Supply Chain Solusinya?

Itulah kenapa Pengambilan Keputusan disebut sebuah seni berpikir karena banyak melibatkan berbagai hal dan mengasah otak untuk berpikir kreatif untuk mendapatkan alternative pilihan dalam mengambil sebuah keputusan.

Nur’Izzah Muhammad-STEI SEBI

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait