Milenial Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Apakah Siap Kerja?

Milenial Lulusan SMK Jurusan Akuntansi Apakah Siap Kerja?

Oleh: Putri Wulandari, mahasiswa Universitas Pamulang

Sebagai seorang milenial yang baru lulus dari Sekolah menengah kejuruan jurusan Akuntansi, saya dihadapkan dengan tantangan besar untuk memasuki dunia kerja yang kompleks dan penuh persaingan.

Meskipun pendidikan di SMK telah memberikan dasar yang kuat dalam bidang akuntansi, memasuki dunia kerja sesuai keinginan saya, yakni menjadi staf keuangan di perusahaan besar, terbukti sangat sulit.

Karena, kebanyakan perusahaan menetapkan syarat minimal lulusan D3 atau bahkan S1 untuk posisi tersebut.

Lulusan D3 atau S1 dianggap sudah lebih kompeten dan berpengalaman, sehingga para fresh graduate menghadapi kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang mereka.

Sebagai lulusan SMK jurusan Akuntansi, saya menemukan bahwa banyak pesaing yang lebih kompeten, berpengalaman, dan lulusan perguruan tinggi ternama.

BACA JUGA:  Rakyat Sudah Masuk Taraf Sejahtera, Benarkah?

Namun, meskipun banyak perusahaan yang lebih memandang lulusan perguruan tinggi, bukan berarti lulusan SMK yang masih terhitung fresh graduate tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan besar dan sukses dalam karir mereka.

Semua itu dapat dicapai jika kita sebagai individu mampu mengasah kemampuan diri sendiri dan tidak pantang menyerah.

Saya ingin membuktikan bahwa dengan tekad yang kuat, kerja keras, serta semangat untuk terus belajar, lulusan SMK pun mampu bersaing dalam dunia kerja yang sangat kompleks ini.

Dengan terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, kita dapat membuka peluang yang lebih besar untuk diri kita sendiri.

BACA JUGA:  Rakyat Sudah Masuk Taraf Sejahtera, Benarkah?

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan kemampuan kita dan teruslah berjuang demi masa depan yang lebih baik.

Kita sebagai lulusan SMK harus memiliki beberapa strategi dasar agar dapat bersaing di dunia kerja saat ini, yaitu dengan mengembangkan keterampilan tambahan seperti mampu menggunakan software akuntansi seperti accurate, memiliki pemahaman tentang perpajakan, memiliki relasi yang luas dengan cara menghadiri beberapa seminar, atau bahkan melakukan kursus untuk memperdalam ilmu akuntansi.

Selain itu, kita juga harus memiliki kepercayaan diri dan proaktif dalam mencari peluang kerja seperti melalui Jobstreet, JobsDb, Loker ID, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:  Rakyat Sudah Masuk Taraf Sejahtera, Benarkah?

Dengan strategi tersebut, lulusan SMK jurusan akuntansi dapat meningkatkan peluang untuk sukses dalam dunia kerja dan membuktikan bahwa kita mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi.

Rezeki memang sudah diatur oleh Allah, tetapi kita juga perlu berusaha. Dengan doa orang tua, ketekunan, dan semangat belajar, saya yang tadinya pesimis akhirnya mampu diterima di sebuah perusahaan sebagai staf keuangan.

Kunci utamanya adalah semangat dan jangan takut untuk gagal, karena dari kegagalan itulah kita mampu menjadi diri yang lebih baik lagi.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait