Kreasi Produk Olahan Belimbing Oleh-Oleh Khas Kota Depok

Kreasi Produk Olahan Belimbing Oleh-Oleh Khas Kota Depok

DEPOKPOS – Ternyata Kota Depok memiliki produk olahan yang berbahan utamanya belimbing sehingga dijadikan sebagai oleh oleh. Sebelum artikel ini membahas produk olahannya, kenali lebih jauh tentang belimbing dahulu yuk!

Buah belimbing atau dalam bahasa Inggrisnya starfruit merupakan buah yang berasal dari wilayah dengan iklim tropis. Ciri-ciri dari belimbing yaitu memiliki warna kekuningan jika sudah matang dan memiliki bentuk seperti bintang. Buahnya memiliki rasa yang manis dan segar sehingga sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Selain dari rasanya yang menggoyang lidah, ternyata belimbing juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi buah belimbing.

Dapat menyehatkan pencernaan

Buah beserta kulit belimbing mengandung serat makanan. Serat dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Jadi, kandungan serat pada belimbing dapat membuat pencernaan lebih sehat.

Dapat mencegah kanker

Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Hal itu dapat mencegah terhadap serangan gejala kanker karena vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat
Kaya akan antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Senyawa ini dapat melindungi dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

Dapat meningkatkan kerja enzim

Selain itu, belimbing adalah buah yang mengandung sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

Dapat mengatasi tekanan darah tinggi

Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng, dan besi. Kalium berfungsi untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, penyembuhan hipertensi dapat dilakukan dengan mengonsumsi belimbing secara rutin.

Belimbing tidak hanya bermanfaat sebagai buah yang lezat dan bergizi, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan. Kandungan vitamin B kompleks dalam belimbing membuatnya menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Selain itu, belimbing kaya akan antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan kulit.

Untuk perawatan kulit, belimbing dapat diolah menjadi masker wajah yang baik untuk kulit berjerawat atau berminyak, berkat sifatnya yang antimikroba dan kandungan seng yang membantu mengurangi risiko jerawat. Dengan manfaat-manfaat ini, belimbing tidak hanya memberikan nutrisi dari dalam, tetapi juga menyediakan solusi alami untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit dan rambut secara efektif.

Berbagai manfaat belimbing dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya, namun tetap harus bijak saat memakannya. Belimbing memiliki rasa yang manis sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan. Lebih baik konsumsi buah yang beragam daripada hanya pada satu jenis buah saja.

Belimbing merupakan salah satu komoditas yang memiliki potensi pertanian cukup tinggi. Kota Depok memiliki sejumlah pohon belimbing yang cukup banyak. Menurut data BPS tahun 2022, Kota Depok menghasilkan belimbing sebanyak 22.613 kwintal. Kecamatan yang paling banyak menghasilkan belimbing di Kota Depok adalah Kecamatan Sawangan dengan hasil produksi sebanyak 12.581 kwintal.

Belimbing yang ada di Kota Depok dikenal dengan Belimbing Dewa. Belimbing tersebut menjadi buah unggulan Kota Depok karena secara komperatif Belimbing Dewa Depok lebih unggul dibanding belimbing lainnya. Hal tersebut diketahui karena buah Belimbing Dewa selalu menjuarai lomba buah unggul tingkat nasional versi Trubus.

Belimbing yang dikembangkan di Kota Depok ditanam pada lahan-lahan masyarakat. Uniknya, banyak yang dikembangkan di sepanjang kali Ciliwung yang membuat pemandangan menjadi asri dengan keberadaan tanaman belimbing ini. Dengan demikian, Kota Depok dijuluki dengan Kota Belimbing.

Untuk meningkatkan nilai tambah pada belimbing, maka diperlukan pengolahan produk belimbing. Fakta menarik tentang kreasi olahan belimbing yang dijadikan oleh-oleh khas Depok adalah adanya inovasi dalam pembuatan dodol belimbing hingga sambel belimbing. Berikut beberapa produk olahan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Kota Depok.

Dodol Belimbing Dewa

Dodol merupakan olahan yang berasal dari Depok. Dodol adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang biasanya terbuat dari ketan, gula kelapa, dan santan, Dodol memiliki rasa yang manis, legit, dan tekstur yang kenyal. Dodol belimbing ini terbuat dari buah belimbing segar yang dicampur ke dalam adonan dodol sehingga memiliki tambahan rasa yang segar dan rasa unik yang khas. Dodol belimbing ini tidak hanya menjadi oleh-oleh yang lezat tetapi juga menggabungkan cita rasa tradisional dengan sentuhan buah lokal yang segar dan beraroma.

Jus Belimbing Dewa

Jus belimbing merupakan minuman yang memiliki rasa manis dan segar. Jika ingin menyajikan sesuatu yang segar, jus belimbing bisa menjadi pilihan. Selain itu, olahan jus ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Sirup Belimbing Dewa

Sirup belimbing adalah minuman yang segar dan bisa digunakan sebagai campuran untuk minuman lainnya atau sebagai sirup untuk es krim dan pencuci mulut lainnya. Sirup belimbing dewa ini memiliki rasa yang segar dan manis, sangat cocok jika disajikan dingin. Produk ini sangat jarang ada di pasaran, jika anda penasaran silakan untuk dibeli sebagai oleh oleh khas Kota Depok.

Selai Belimbing Dewa

Selain produk olahan di atas, ternyata belimbing dapat dijadikan selai. Selai belimbing adalah pilihan yang baik untuk oleh-oleh karena rasanya yang manis asam dan bisa dinikmati dengan roti atau sebagai tambahan pada makanan lainnya.

Keripik Belimbing Dewa

Keripik belimbing adalah camilan yang renyah dan gurih. Potongan belimbing dipanggang atau digoreng kering menjadi keripik yang bisa disajikan sebagai camilan ringan. Keripik juga disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Olahan ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas Kota Depok.

Nastar dan Pie Belimbing Dewa

Nastar merupakan makanan yang memiliki pengaruh dari Belanda dan biasanya disajikan saat lebaran. Biasanya isian dari nastar merupakan selai nanas, namun kini dikembangkan lagi dengan isian selai belimbing yang juga memiliki cita rasa asam. Selain nastar, adapula pie yang terbuat dari belimbing. Rasanya hampir sama seperti nastar. Jika kamu pecinta kue kering waijb coba yang salah satu ini!

Sambel Belimbing

Sama seperti yang dipaparkan sebelumnya, olahan khas Kota Depok yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah sambel belimbing. Sambel memiliki rasa yang pedas jika ditambahkan belimbing akan memiliki rasa yang segar.

Melalui berbagai kreasi produk olahan belimbing, Kota Depok tidak hanya menampilkan kekayaan kuliner daerahnya tetapi juga menghidupkan warisan budaya lokal yang unik dan beragam. Jika kalian pergi ke Kota Depok, kalian sangat dianjurkan untuk membeli olahan belimbing yang bisa dijadikan oleh-oleh. Demikian artikel ini, semoga dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih telah membacanya hingga akhir.

Azkia Mahayang Chiganjati

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait