Innovative Academy UGM Terpilih jadi Delegasi Startup Go Global ke Belanda

DEPOKPOS – Innovative Academy merupakan lembaga inkubator startup berbasis inovasi dan teknologi Universitas Gadjah Mada, menjadi salah satu delegasi program Startup Go Global yang berkunjung ke Belanda pada 27-31 Mei lalu. Dalam kunjungan yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia ini, rombongan delegasi dari berbagai perwakilan inkubator startup dari tanah air ini dipimpin langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Denny Wijayanto selaku Head of Program Innovative Academy mewakili Direktorat Pengembangan Usaha Science Techno Park UGM yang ikut menjadi delegasi dalam kunjungan ke Belanda mengaku pihaknya berkesempatan melakukan studi banding dan sekaligus menjalin koneksi dengan ekosistem startup di Belanda. “Kita berkesempatan bertemu dengan stakeholders pada ekosistem startup di sana,” kata Denny dalam keterangan yang dikirim ke wartawan, Senin (10/6).

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Mahasiswa Akuntansi Unpam Gelar PMKM Pengenalan Aplikasi

Kegiatan kunjungan studi banding yang dikemas dalam program Startup Go Global ini merupakan hasil kerja sama antara Kemenkop dan UKM dengan Programma Uitzending Managers (PUM) sebagai incubator expert dari Belanda, sangat membantu terselenggaranya program Startup Go Global. Beberapa delegasi yang sebagai inkubator startup berkesempatan untuk bertukar pengalaman dengan dengan para startup dan inkubator dan lembaga pendanaan startup dari Belanda seperti Fevenue, PUM The Netherlands, Halal Feed and Food Inspection Authority (HFFIA), BioPartner Center Leiden, Upstream, Golden Egg Check, Rabo Foundation, World Startup, Uluru Beagle dan The Hague Humanity Hub dan The New Farm. “Kita bisa bertemu langsung dengan para inkubator, accelerator, startup, dan private equity di Den Haag, Rotterdam, dan Utrecht,” kata Denny

BACA JUGA:  Mahasiswa UGM Raih Juara 1 Smart Competition BOREYES 2024

Dari kunjungan tersebut, kata Denny, pihaknya mendapat wawasan dan pengetahuan baru soal pengembangan skema fundraising dengan kolaborasi antara pemerintah, bank, akuntan, incubator, private equity. “Saat di sana kita berbagi informasi secara terbuka terkait financial risk, pendanaan multiyears bagi startup yang bersumber dari dana pemerintah, dan menentukan parameter startup secara independen bagi incubator dan accelerator yang layak mendapatkan pendanaan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Anak Penjual Rempeyek Lolos SNBP Tanpa Tes dan Kuliah Gratis di FEB UGM

Menurut Denny, dari kegiatan kunjungan program Startup Go Global dari Kemenkop UKM sangat bermanfaat bagi UGM dalam mendapatkan ide-ide baru dalam pengembangan program-program di Innovative Academy UGM ke depannya.

Gusti Grehenson

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait