4 Rekomendasi Kegiatan Positif untuk Gen Z dalam Mengatasi ‘Burnout’

4 Rekomendasi Kegiatan Positif untuk Gen Z dalam Mengatasi ‘Burnout’

DEPOKPOS – Tentunya setiap orang memiliki kesibukan dan rutinitas yang berbeda setiap harinya. Segudang aktivitas yang kita lakukan setiap hari secara terus menerus tentu saja lama kelamaan akan menimbulkan rasa lelah, jenuh dan kurang bersemangat atau yang kerap disebut ‘burnout’.

Jika seseorang mengalami burnout, maka hal umum yang biasanya dirasakan seperti rasa lelah yang berkepanjangan, kesulitan dalam mengontrol emosi, kehilangan fokus ketika sedang melakukan suatu kegiatan, produktivitas menurun, dll. Sehingga burnout dapat memberikan dampak negatif yang akan berpengaruh terhadap penurunan kinerja ataupun produktivitas seseorang.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, untuk sobat Gen Z yang saat ini sedang mengalami burnout, Yuk simak 4 Rekomendasi kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengatasi burnout!

Olahraga secara rutin

Hal pertama yang dapat kita lakukan yaitu melakukan olahraga secara rutin, minimal 15 menit per hari. Karena ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, dimana hormon tersebut bermanfaat untuk memberikan energi positif pada tubuh serta dapat menumbuhkan rasa bahagia dan mengurangi kecemasan.

Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai

Tentunya setiap orang memiliki hobi ataupun kegemaran yang berbeda-beda. Kegiatan positif seperti memasak, berkebun, menari, melukis, bernyanyi, dll. Dapat menjadi inspirasi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu senggang.

Beristirahat yang cukup

Tentunya tubuh membutuhkan waktu istirahat setelah melakukan banyak aktivitas setiap harinya, maka dari itu tubuh kita pun memerlukan istirahat yang cukup karena penting untuk menjaga kesehatan, meningkatkan konsentrasi dan meredakan stress.

Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri

Me time ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat membatu meredakan stress, meningkatkan produktivitas dan mengembalikan kembali energi positif seseorang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti melakukan treatment atau perawatan tubuh, mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, self-journaling dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh gen Z dalam mengatasi burnout.

Ayu Yuliatami,
Mahasiswa Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait