Potensi Digital Marketing bagi Perkembangan Bisnis

DEPOKPOS – Marketing memegang peranan sangat penting dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan atau pebisnis sangat penting untuk memiliki strategi yang tepat dan efisien guna merebut pasar seluas mungkin dan juga harus mengembangkan metode strategi sebagai kerangka acuan untuk mengembangkan usahanya. Kerangka acuan dibutuhkan sebagai indikator benar tidaknya tindakan-tindakan yang sudah diambil.

Selain itu, banyak orang sekarang menganggap media sosial sebagai bagian integral dari kehidupan budaya mereka. Ini karena domain utama mereka adalah tempat mereka menyerap sejumlah besar informasi, tempat mereka bertukar konten dan elemen kehidupan mereka dengan orang lain, tempat mereka belajar tentang dunia (bahkan jika kebenaran informasi itu diperdebatkan) (Hidayanto & Kartosapoetro, 2020).

Namun perlu diingat bahwa media sosial selalu berubah. Platform media sosial saat ini sangat berbeda dari satu tahun yang lalu (apalagi satu dekade yang lalu), dan satu tahun dari sekarang kemungkinan besar akan sangat berbeda dari hari ini. Ini karena media sosial terus berkembang, baik dari sudut pandang teknologi (sebagaimana dibuktikan dengan penambahan fitur dan layanan baru yang berkelanjutan dari platform utama) dan pengguna/konsumen (sebagaimana dibuktikan oleh orang-orang yang menemukan kegunaan baru untuk media sosial) (Khanifa, 2018).

BACA JUGA:  Peran Zakat dalam Perekonomian Negara

Dunia digital terus berkembang pesat, dan seiring dengan itu, digital marketing menjadi semakin penting bagi bisnis dalam menjangkau pelanggan dan mencapai tujuan mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa digital marketing memiliki potensi yang cerah untuk masa depan:

1.Penetrasi Internet yang Semakin Tinggi

Jumlah pengguna internet diseluruh dunia terus meningkat, dan di indonesia sendiri, penetrasin internet telah mencapai lebih dari 70%. Hal ini berarti bahwa semakin banyak orang yang dapat dijangkau melalui digital marketing.

BACA JUGA:  Pengaruh Kesetaraan dan Keadilan terhadap Penggelapan Pajak di Indonesia

2. Perilaku Konsumen yang Berubah

Konsumen saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dunia digital, dan mereka mencari informasi dan melakukan pembelian secara online. Digital marketing memungkinkan bisnis untuk menjangkau konsumen di mana pun mereka berada dan kapan pun mereka ingin.

3. Kemampuan Penargetan yang Lebih Baik

Digital marketing menawarkan berbagai macam alat platform yang memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens mereka dengan lebih tepat. Hal ini membantu bisnis untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari upaya marketing mereka.

4. Biaya yang Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan traditional marketing, digital marketing umumnya lebih murah dan lebih mudah diakses oleh bisnis kecil dan menengah.

5. Kemampuan Pengukuran yang Lebih Baik

Digital marketing memungkinkan bisnis untuk melacak dan mengukur hasil campaign mereka dengan lebih mudah dan akurat. Hal ini membantu bisnis untuk membuat keputusan yang lebih efektif tentang strategi marketing mereka.

BACA JUGA:  5 Cara Ampuh Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Beberapa Tren Digital Marketing yang Akan Mendominasi Masa Depan:

Personalisasi: Konsumen ingin merasa dihargai dan dipahami oleh bisnis. Digital marketing memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang lebih personal kepada konsumen melalui penggunaan data dan AI.

Konten yang Interaktif: Konsumen ingin terlibat dengan konten yang mereka lihat. Digital marketing memungkinkan bisnis untuk membuat konten yang lebih interaktif dan menarik bagi konsumen.

Mobile Marketing: Semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Digital marketing perlu dioptimalkan untuk mobile devices.

Artificial Intelligence (AI): AI akan memainkan peran yang semakin penting dalam digital marketing. AI dapat membantu bisnis untuk mengotomatiskan tugas, menganalisis data, dan membuat keputusan yang lebih efektif.

Lutfiah Nurohmah