Sudah Diresmikan Jokowi, 62 Bidang Lahan Tol Cijago Masih Belum Dibebaskan

Namun hingga kini belum semua bidang tanah telah dibebaskan oleh BPN

DEPOKPOS – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto dan Kepala Kantor ATR BPN Provinsi Jawa Barat, Rudi Rubijaya dalam peresmian jalan tol Pamulang, Cinere, Raya Bogor (Cijago) oleh Presiden RI, Joko Widodo di Kecamatan Limo, pada Senin (8/1).

Terkait progres pembebasan lahan untuk tol Cijago, Indra Gunawan menjelaskan bahwa target pembebasan lahan untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut menembus 4.338 bidang, dengan luas 144,310 hektare.

Sementara, hingga akhir Desember 2023 yang telah terealisasi sebanyak 4.279 bidang dengan luas 138,8767 ha (98,63%). Dari luasan lahan yang dibebaskan tersebut.

Namun hingga kini belum semua bidang tanah telah dibebaskan oleh BPN.

BACA JUGA:  Punya Poliklinik Kesehatan Jiwa, RSUD ASA Siap Layani Caleg Gagal

“Dari sisa bidang tanah yang belum dibebaskan di Kecamatan Limo terdapat 59 bidang loop (jalur lingkar tambahan) dan 3 bidang dalam ROW,” ujar Indra Gunawan kepada wartawan di sela-sela peresmian tol Cijago.

Saat ini, sambung Indra, sisa tanah tersebut sudah masuk dalam beberapa sesi penyelesaian baik validasi hingga konsinyasi.

Bidang tanah yang belum dibebaskan itu sedang dalam sesi penyelesaian, baik validasi maupun konsinyasi.

“Ada 33 bidang yang sedang dilakukan validasi, 25 bidang pada tahap musyawarah dan 3 bidang pada tahap penilaian. Lalu untuk tahap konsinyasi ada satu bidang,” paparnya.

Diterangkan Indra, jalan tol tersebut memiliki total panjang 14,8 km dengan total investasi sebesar Rp 4 triliun berdasarkan data dari Kementerian PUPR, sehingga tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi tersebut melengkapi struktur jaringan jalan tol yang ada di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Diantaranya adalah lingkar dalam, Jakarta Outer Ring Road 1, dan Jakarta Outer Ring Road 2.

BACA JUGA:  Punya Poliklinik Kesehatan Jiwa, RSUD ASA Siap Layani Caleg Gagal

“Jalan tol yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari JORR 2 yang diharapkan diselesaikan pada kuartal kedua tahun ini. Ini menjadi target pemerintah pada tahun 2024,” ungkap Indra Gunawan.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutannya berharap agar kehadiran jalan tol Cijago dapat memberikan lebih banyak alternatif jalan kepada masyarakat untuk menjangkau tempat-tempat di Jabodetabek sekaligus dapat meningkatkan mobilitas dan mengurangi kemacetan.

BACA JUGA:  Punya Poliklinik Kesehatan Jiwa, RSUD ASA Siap Layani Caleg Gagal

“Termasuk mobilitas logistik yang kita harapkan ini akan mengurangi kemacetan dan masyarakat memiliki pilihan, memiliki alternatif dengan menggunakan ruas jalan yang lebih lancar,” tutup Presiden Jokowi.

Turut hadir dalam peresmian tol tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto; Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo; Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris beserta Forkopimda Kota Depok.