Perbedaan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer

Berikut adalah pengertian dan perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer dalam karya tulis sebagai pengetahuan mahasiswa

DEPOKPOS – Artikel sebagai salah satu karya tulis dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu artikel ilmiah dan artikel populer. Berikut adalah pengertian dan perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer dalam karya tulis sebagai pengetahuan mahasiswa.

Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah sebuah tulisan atau laporan yang menjelaskan hasil penelitian atau studi ilmiah oleh seorang peneliti atau tim peneliti.

Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan temuan baru, menunjukkan pemahaman tentang topik tertentu, atau memperluas pengetahuan dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah atau disajikan dalam konferensi ilmiah. Sebelum dipublikasikan, artikel harus melalui proses review oleh para ahli atau pakar di bidang yang sama untuk memastikan keakuratan dan kualitasnya.

Artikel ilmiah biasanya memiliki struktur yang standar, meliputi abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. Struktur ini dirancang untuk memastikan informasi yang disampaikan terorganisir dan mudah dipahami oleh pembaca.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Mengajarkan Tarian Tradisional Nusantara ke Anak-anak Konawe Selatan

Selain itu, artikel ilmiah juga menggunakan bahasa teknis atau istilah ilmiah yang spesifik untuk bidang ilmu pengetahuan tertentu dan cenderung formal serta objektif dalam gaya penulisan.

Baca: Contoh Artikel Ilmiah

Artikel Populer

Pengertian artikel populer adalah tulisan atau laporan yang ditulis dengan bahasa mudah dipahami oleh pembaca umum atau non-akademik. Artikel populer biasanya ditujukan untuk menghibur, memberikan informasi, atau meningkatkan kesadaran tentang topik tertentu.

Artikel populer bisa ditemukan di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, blog, atau situs web. Tujuan dari pembuatan artikel populer adalah untuk menarik minat pembaca dan menyampaikan informasi secara efektif.

Oleh karena itu, bahasa yang digunakan cenderung lebih santai dan mudah dipahami oleh orang awam. Artikel populer tidak selalu berdasarkan penelitian atau studi ilmiah, tetapi bisa berupa opini, analisis, atau pandangan dari penulis.

Tulisan ini cenderung tidak memiliki struktur yang kaku, seperti artikel ilmiah dan biasanya juga tidak membutuhkan referensi atau daftar pustaka.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Gelar Aksi Bersih Sampah di Pantai Congot

Meskipun artikel populer tidak harus melewati proses review oleh para ahli atau pakar, tetapi beberapa media atau publikasi terkenal memiliki standar editorial dan persyaratan kualitas tertentu.

Baca: Contoh Artikel Populer

Perbedaan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer pada Struktur

Artikel Ilmiah

Umumnya memiliki struktur judul, nama penulis, abstrak (diketik dengan spasi tunggal), kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, serta daftar rujukan.

Artikel Populer

Artikel populer memiliki struktur yang lebih sederhana, yaitu judul, nama penulis, paragraf pembuka, subjudul isi 1, subjudul isi 2, dst, penutup.

Baca: Tips Merubah Artikel Ilmiah Menjadi Artikel Populer

Perbedaan Artikel Ilmiah dan Artikel Populer pada Langkah Penulisan

Artikel Ilmiah

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat artikel ilmiah,

  1. Membaca dengan seksama laporan hasil penelitian yang telah dibuat.
  2. Menyusun hasil penelitian dan pembahasan. Bagian ini harus dibuat dengan seksama dan detil, karena
  3. menjadi isi dan inti artikel.
  4. Menampilkan kesimpulan dan saran.
  5. Menyajikan daftar rujukan yang digunakan.
BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Gelar Aksi Bersih Sampah di Pantai Congot

Artikel Populer

Adapun langkah-langkah dalam menulis artikel populer adalah sebagai berikut,

  1. Merumuskan masalah atau ide.
  2. Menentukan judul yang menarik.
  3. Menyusun kerangka artikel populer.
  4. Kreatif dalam penggunaan kalimat untuk menarik pembaca.
  5. Menulis artikel dengan nyaman.
  6. Publikasi.

Perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer yang jelas terlihat pada gaya penulisannya.

Pada artikel populer tidak ada aturan baku, sehingga penulis bisa menjadi dirinya sendiri dengan gaya penulisannya masing-masing.

Sedangkan pada artikel ilmiah, tulisan harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan gaya penulisan disesuaikan dengan media dimana artikel dimuat.(DK)